PROGAM KERJA BERSIH-BERSIH PANTAI

Yogyakarta Sabtu, 1 Juli 2023, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJ-M) Universitas Janabadra Mengadakan acara bersih-bersih pantai di Pantai Parangteritis dengan tema ”The sea is the nation’s future, let’s Protect it Together” . Acara ini Di Ikuti kurang lebih 100 orang peserta Mulai dari Mahasiswa, Pengunjung Pantai dan masyarakat sekitar Pantai Parangtritis. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi populasi sampah di Indonesia serta menjaga kebersihan dan keindahan pantai, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan laut.

Acara Ini dilaksanakan pada hari Minggu pukul 07.00 dimulai dengan Kumpul serta Pembukaan di halaman kampus UJB yang dipandu oleh saudari Nurlita Hesti Adensa dan Juga Saudari Fatihah Nurul Fitria Selaku MC kemudian dilanjut dengan perjalanan menuju lokasi pantai selama kurang lebih 1 Jam setelah sampai dilokasi acara berikutnya adalah sambutan-sambutan yang di lakukan oleh Saudara Surya Rahmat Wijaya selaku Ketua panitia dan juga sambutan dari Ketua Humpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJ-M) yaitu Saudari Arlina Desiant. Acara yang berikutnya adalah Pembentukan kelompok dan perwakilan sambutan dari Warga setempat dan dilanjutkan dengan acara inti Yaitu Bersih-bersih Pantai yang dilakukan kurang lebih selama 2 jam sekaligus dengan pembagian Tempat Sampah setelah acara inti acara selanjutnya yaitu Ishioma dan Games ringan yang di pandu Oleh Sie acara dan Acara terakhir yaitu Dokumentasi dan Penutup.

Selama kegiatan bersih-bersih pantai berlangsung, kami berhasil mengumpulkan sejumlah besar sampah plastik, botol plastik, kemasan makanan, dan sampah non-organik lainnya. Selain itu, kami juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang berkunjung tentang pentingnya menjaga kebersihan pantai dan dampak negatif dari pencemaran laut.


Kegiatan bersih-bersih pantai di Pantai Parangtritis telah berjalan dengan sukses dan mendapatkan partisipasi yang sangat baik dari masyarakat setempat dan relawan lingkungan. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh positif bagi pantai-pantai lainnya dan mendorong kesadaran akan perlindungan lingkungan laut di seluruh wilayah Parangtritis.