PENJELASAN SKPI – HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK SIPIL (HMS)UNIVERSITAS JANABADRA YOGYAKARTA

,

Jumat (29/9/2023), HMS UJB menyelenggarakan penjelasan tentang SKPI. Surat Keterangan Pendamping Ijazah saat ini wajib dimiliki oleh lulusan S1 selain ijazah dan transkrip nilai. SKPI menunjukkan kompetensi lulusan yang ditunjukkan dengan catatan kegiatan-kegiatan selain perkuliahan yang dilakukan selama menjadi mahasiswa. Kompetensi dapat berupa mengikuti pelatihan-pelatihan maupun kegiatan-kegiatan dalam organisasi kemahasiswaan. Pendokumentasian kegiatan difasilitasi dengan disediakan sistem yang dinamakan Jana Protrack. Proses untuk mendapatkan SKPI tidak dapat dilakukan secara mendadak karena perlu waktu untuk mengikuti berbagai kegiatan. SKPI adalah jembatan yang menghubungkan lulusan dengan dunia industri yang dimulai sejak mahasiswa menempuh perkuliahan.

Mahasiswa perlu mengetahui apa yang disebut SKPI sejak awal sehingga memiliki cukup waktu untuk mengikuti berbagai kegiatan untuk mengisi portofolio dan juga perlu mengenal sistem Jana Protrack yang disediakan oleh Universitas Janabadra untuk pendokumentasian kegiatan-kegiatan mahasiswa sebagai pendukung terbitnya SKPI.

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. Nindyo Cahyo Kresnanto, S.T., M.T. selaku ketua Pusat Pengembangan Kompetensi dan Wika Harisa Putri, S.H., S.E, M.Sc., M.EI. selaku sekretaris Pusat Pengembangan Kompetensi Universitas Janabadra.

Kegiatan diawali dengan sambutan Yandhia Febriana Putri selaku ketua panitia penyelenggara, Ir. Bing Santosa, M.T. selaku Ketua Program Studi Teknik Sipil dan Jemmy Edwin Bororing, S. Kom, M. Kom. selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik. Narasumber menjelaskan secara umum SKPI, maksud dan tujuan, rubrik fasilitas bagi peserta yang ingin berdiskusi dan mengetahui lebih dalam mengenai materi yang sudah dipaparkan.

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Jumat 29 September 2023 di Ruang Eksekutif Universitas Janabadra yang diikuti oleh 153 peserta. Kegiatan diakhiri pada jam 17.00 dan mahasiswa banyak mendapatkan pengetahuan pada acara penjelasan SKPI ini.

Sumber: HMS FT-UJB