Focus Group Discussion Tim Riset Universitas Janabadra dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul

Pada hari Rabu tanggal 21 Juli 2022 bertempat di Ruang Rapat Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Tim Riset Universitas Janabadra yang diketuai oleh Wika Harisa Putri, S.E., S.H., M.Sc., M.E.I, mengadakan Focus Group Discassion. FGD kali ini mengusung tema Optimasi Penggunaan Big Data, Pemodelan Transportasi, dan Pendekatam Perilaku dalam Tourism Destination Management Organization (TDMO) untuk Meningkatkan Ketangguhan terhadap Dampak Sosio Ekonomi Covid 19. Hadir pula ketua LP3M Universitas Janabadra Dr. Erni Ummi Hasanah S.E., M.Si., dan dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Universitas Janabadra dan Kabupaten Gunungkidul sudah menjalin hubungan yang cukup erat, sejak generasi pertama pendampingan UJB di tahun 2012. Beliau juga berharap kolaborasi tersebut bisa terus terjalin, dari MoU dan dapat dilanjutkan dengan PKS, serta mendapatkan luaran penelitian yang sesuai target. Mewakili Kepala Dinas yang dalam kesempatan tersebut berhalangan hadir, Setyo Hartoto, S.IP., M.MB., selaku Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dan Industri Pariwisata juga mendukung langgengnya kerja sama yang terjalin, hal ini dinilai dapat memperkaya khasanah pengetahuan dari sisi akademisi, yang nantinya dapat digunakan dalam pengambilan kebijakan di lingkungan dinas.

Gunungkidul sendiri memiliki 3 (tiga) aspek wisata yang meliputi : wisata alam, wisata budaya, dan wisata buatan. Data dalam kurun waktu 10 tahun juga menunjukkan bahwa target wisatawan selalu tercapai. Selain itu, terdapat pula sub sektor ekonomi kreatif yang turut mendukung majunya pariwisata Gunungkidul yakni dari kuliner, seni kriya dan seni pertunjukan. Dukungan pemerintah ditunjukkan dalam pembangunan Taman Budaya Gunungkidul yang bertujuan meningkatkan persentase minat wisatawan terhadap seni pertunjukkan yang kini baru meraih 9,7%.

Tim Riset terdiri dari dosen dari Prodi Akuntansi, yaitu ketua tim, Wika Harisa Putri, bersama dengan dua mahasiswa Nova dan Robby, dari Prodi Teknik Sipil, Dr. Nindyo Cahyo Kresnanto, S.T., M.T., dan mahasiswanya Wildan, serta dari Prodi Informatika, Eri Haryanto, S.Kom., M.Kom., dan dua mahasiswanya, Laras dan Shalsa. Riset ini diselenggarakan dengan Skema Riset Keilmuan, Hibah Pendanaan dari Kemdikbudristek dan LPDP sekaligus mengimplementasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Janabadra.