BEM FP UJB selenggarakan Seminar Nasional dan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Pertanian Wilayah (LKMPW)

,

Yogyakarta (1 2/03/2022), Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia Wilayah III bersama Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Janabadra mengadakan Seminar Nasional dan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Pertanian Indonesia Wilayah yang diselenggarakan di Universitas Janabadra via Zoo eeting. LKMPW diselenggarakan dalam 2 hari kegiatan. Hari pertama Seminar Nasional yang mengangkatm Tema Mengembangkan Inovasi Pertanian, Peluang Bisnis Masa Depan . Seminar ini menghadirkan tiga narasumber yang mewakili pemerintahan, praktisi dan akademisi yaitu Ir. Suyana (Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta), Sapto Prayitno, S.P., M.Sc. (Owner of Good Plant) dan Dr. Untoro Hariadi, M.Si. (Dosen Fakultas Pertanian Universitas Janabadra).

Pada seminar ini didiskusikan isu isu aktual khususnya di bidang Pertanian. Seminar dibagai dalam tiga sesi. Sesi pertama, membahas mengenai sistem pertanian yang berada di berbagai daerah termasuk Daerah Istimewa Yogyakarta dan juga mengenai magang mahasiswa pertanian. Sesi kedua, membahas mengenai Manajemen Bisnis Hidroponik. Dan pada sesi terakhir membahas tentang kewirausahaan terkait sektor pertanian secara luas. Pada kesempatan hari pertamamSigit Haryoko selaku perwakilan dari Pihak Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI) Wilayah III menyampaikan bahwa LKMPW ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan dan menjalin silaturahmi anatar Organisasi yang tergabung dalam Ikatan senat Mahasiswa Pertanian Indonesia, membangun nilai Kepemimpinan, dan menumbuh kembangkan Rasa Tanggung Jawab pada diri Mahasiswa. Pada hari kedua dilanjutkan acara Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Pertanian Wilayah dengan Tema Membangun Mahasiswa Pertanian yang Berjiwa Kepemimpinan Dalam Pembangunan Pertanian Di Indonesia . Materi pertama pembekalan dalam LKMPW tentang ke ISMPI an disampaikan oleh Muha ad Ridho Qoiri (Koordinator Wilayah Timur ISMPI Wilayah III). Materi kedua tentang Kepemimpinan dan Keorganisasian disampaikan oleh Fikri Haikal Hidayat (Kabid Kastrat ISMPI Wilayah III). Materi ketiga mengenai Advokasi disampaikan oleh Eko Nurharyanto, S.H., M.Hum (Wakil Rektor III Universitas Janabadra). Sesi terakhir dalam LKMPW dibuka forum Focus Group Discussion (FGD) yang terbagi dalam 4 seri diskusi yang dipandu oleh divisi Kajian Strategi ISMPI Wilayah III.

Harapan penyelenggara, Seluruh Delegasi yang mengikuti LKMPW diharapkan dapat melanjutkan untuk sampai ke LKMPN (Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Pertanian Nasional) demikian ucap Muha ad Ridho Qoiri selaku Koordinator Wilayah Timur. LKMPW 2022 ini melibatkan Universitas Negeri maupun Swasta yang berada di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah, terdiri 18 institusi PT dengan peserta 69 orang delegasi yaitu dari Universitas Janabadra, Universitas Slamet Riyadi, Institut Pertanian Yogyakarta, Universitas Gunung Kidul, Polbangtan Yogyakarta Magelang, Politeknik LPP Yogyakarta, Universitas Wahid Hasyim Semarang, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Universitas Muhadi Setia Budi Brebes, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Universitas Muha adiyah Purwokerto, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Gadjah Mada, Universitas Pekalongan, Universitas Perwira Purbalingga, Universitas Muha adiyah Yogyakarta, Universitas Jendral Soedirman dan Universitas Tidar.

Sumber berita:

Wijaya Habeahan, Ketua Panitia LKMPW 2022