PROGRAM PHP2D HMJ PRODI EKONOMI PEMBANGUAN UJB SELENGGARAKAN SARASEHAN BUDAYA

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Janabadra menyelenggarakan acara sarasehan budaya terkait Program PHP2D di Desa Mlese Kecamatan Gantiwarno Kabupaten Klaten (Rabu, 22/12/2021). Kegiatan ini sekaligus menutup rangkaian kegiatan program yang didanai oleh DIKTI Kemdikbud yang merupakan bagian dari Progra erdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Acara dihadiri oleh Rektor Universitas Janabadra, Dosen Pendamping Lapangan, Dewan Kesenian Kabupaten Klaten, Dewan Kesenian Kecamatan Gantiwarno, Camat Gantiwarno, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Mlese, Kepala Desa Mlese, perwakilan warga Desa Mlese dan tim PHP2D HMJ Ekonomi Pembangunan yang terdiri dari 14 orang.

Acara diawali dengan persembahan tarian klasik dari perwakilan Desa Mlese, dan dilanjutkan persembahan karawitan oleh tim PHP2D hasil binaan dari Dewan Kesenian Kecamatan Gantiwarno. Program PHP2D telah dilaksanakan kurang lebih selama 3 bulan dengan capaian program sebagai berikut:

  1. Pengadaan Pantry Caffe, Meja Kursi, Wahana Anak, Gerobak Angkringan, Spot Swa Foto, Logo Caffe, Background Panggung
  2. Pelatihan UMKM
  3. Pelatihan Multimedia
  4. Pelatihan Kuliner
  5. Pelatihan Seni Budaya

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Edy Sriyono, M.T. Rektor Universitas Janabadra menyampaikan pentingnya melakukan kolaborasi antara Perguruan Tinggi dan masyarakat desa, hal ini menjadi tuntutan dalam progra erdeka Belajar. Dengan adanya program ini mahasiswa memperoleh kemampuan hardskill dan juga softskill seperti leadership, kemampuan berkomunikasi, dan juga interaksi dengan masyarakat. Harapannya ke depan program ini terus berjalan dengan adanya café Loka Badra yang ada di Taman Seni Budaya dengan dukungan masyarakat Desa Mlese.

Sumber berita : Rini Raharti