PKKM: Capaian IKU Universitas Janabadra Tahun 2021

Tahun 2021 merupakan awal terbaik bagi Universitas Janabadra dala enjalankan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Pada tahun lalu universitas mendapatkan Hibah Program Kompetisi Kampus Mederka (PKKM) dari Kemdikbud senilai 2,6 Milyar untuk dua program studi, yaitu Program Studi Hukum dan Program Studi Teknik Sipil. PKKM diarahkan untuk mendorong pencapaian 8 (delapan) Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. Program ini dilaksanakan selama 6 bulan dengan melibatkan tim dari kedua prodi dengan arahan dari universitas dengan membentuk tim task force PKKM.

Hasil dari PKKM di Tahun 2021, Program Studi Huku ampu mencapai 6 (enam) IKU. Capaian 1 IKU terkait kualitas lulusan dengan diraihnya 12 mahasiswa berprestasi nasional dan internasional serta 1 paket prasarana peradilan semu. Capaian 2 IKU terkait dengan kualitas dosen dengan diperolehnya sertifikasi keahlian 18 orang dosen dan 3 kerjasama internasional. Capaian 3 IKU terkait dengan kualitas kurikulum dan pembelajaran dengan berhasilnya membuat 24 modul pembelajaran digital (20 berbahasa Indonesia dan 4 berbahasa Inggris) yang akan segera diagregasi ke Sistem Pembelajaran Daring Indonesia (SPADA Indonesia) serta telah selesainya desain outcome based education (OBE).

Program Studi Teknik Sipil mampu mencapai 6 (enam) IKU. Capaian 2 IKU terkait dengan kualitas lulusan dengan telah berhasil mensertifikasi ketrampilan bagi 150 mahasiswa, memagangkan 29 mahasiswa, dan memberangkatkan 10 mahasiswa mengikuti virtual students exchange dengan Universiti Teknologi PETRONAS Malaysia. Capaian 2 IKU terkait dengan kualitas dosen (kompetensi dan luaran tri dharma) dengan keberhasilan 14 dosen memperoleh sertifikasi kompetensi keahlian pada masing masing keahliannya, 4 dosen tersertifikasi PEKERTI, 3 dosen praktisi tersetifikasi PEKERTI, serta 4 kolaborasi riset internasional. Capaian 2 IKU terkait dengan kualitas kurikulum dan pembelajaran (kerjasama, pembelajaran case/problem based) yaitu 1 kerjasama internasional dengan Universiti Teknologi PETRONAS (UTP), 3 license software BIM untuk mendukung pembelajaran case method serta 1 modul laboratorium untuk mendukung pembelajaran berbasis case method.

Sumber berita : PPK UJB