Universitas Janabadra Yogyakarta Gelar Donor Darah Sebagai Wujud Cinta Tanah Air dan Kepedulian Sesama – rangkaian acara Dies Natalis ke-66

Pada hari Kamis, 3 Oktober 2024, Universitas Janabadra Yogyakarta mengadakan donor darah yang merupakan salah satu rangkaian acara Dies Natalis ke-66, sebagai salah satu wujud cinta tanah air dan peduli terhadap sesama. Kegiatan ini diselenggarakan di Lobby Rektorat Universitas Janabadra Yogyakarta, dimulai pada pukul 08:00 WIB hingga pukul 12:00 WIB, dan diikuti oleh dosen serta karyawan Universitas Janabadra Yogyakarta.
Acara ini merupakan bentuk kerja sama dari Seksi Pengabdian Masyarakat Universitas Janabadra dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogyakarta untuk menambah persediaan suplai darah yang dipergunakan untuk kepentingan kesehatan. Pada acara ini, tercatat dari 35 peserta donor darah yang mendaftarkan diri, 15 peserta di antaranya dinyatakan tidak lolos ketentuan untuk dapat mendonorkan darahnya, sehingga pada kegiatan donor darah ini didapatkan 20 kantong darah dengan berbagai golongan darah.
Donor darah memiliki peran yang sangat penting dalam sistem kesehatan, karena darah yang didonorkan dapat menyelamatkan nyawa dalam berbagai situasi, seperti operasi, kecelakaan, atau kondisi medis tertentu yang menyebabkan kekurangan darah. Donor darah bertujuan untuk menyediakan darah dengan kesesuaian golongan dan kualitas yang baik untuk pasien yang membutuhkan transfusi darah. Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, terutama masyarakat yang sedang membutuhkan darah.

Dengan terlaksananya kegiatan donor darah ini, Universitas Janabadra Yogyakarta berharap dapat terus berkontribusi secara nyata dalam upaya kemanusiaan dan kesehatan masyarakat. Diharapkan acara serupa dapat terus dilakukan secara rutin sebagai bentuk kepedulian kepada sesama, serta menginspirasi lebih banyak pihak untuk ikut berpartisipasi dalam membantu sesama yang membutuhkan.