Workshop Peninjauan Kurikulum MBKM Agribisnis Universitas Janabadra

Workshop Peninjauan Kurikulum Mbkm Ps Agribisnis Universitas Janabadra Yogyakarta (fp-ujb)

Adaptasi penyesuaian kurikulum di Pergurugran Tinggi (PT) demikian cepat, tahun 2020 PS Agribisnis FP UJB telah berguru Kurikulum KKNI dan OBE ke UNIBRAW, dan di tahun 2020 tersebut Kurikulum PS AGRIBISNIS telah menyesuaikan dengan KKNI dan OBE. Bagi PS AGRIBISNIS Kurikulum OBE saat ini masih merupakan hal baru sehingga perlu penyesuaian dan penyempurnaan selama 2 tahun berikut (2021 2022). Hari ini PS AGRIBISNIS FP UJB belajar bagaimana implementasi Kurikulum OBE kepada Narasumber Dr. Ir.Agustina Shinta MP (PS AGRIBISNIS Unibraw).

Dalam sambutannya Dr Retno Lantarsih SP MP Dekan FP UJB menyampaikan bahwa belum selesai menggodok kurikulum OBE tahun 2020 sudah keluar Kurikulum MBKM, dan Universitas Janabadra Yogyakarta salah satu PT yang berhasil meraih hibah tersebut. Kemudian tahun 2022 dan 2023 PS AGRIBISNIS meraih hibah PKKM dan tahun ini masuk implementasi tahun ke II. Seiring dengan implementasi program hibah PKKM, di PS AGRIBISNIS kurikulum sudah disusun dan disesuaikan dengan konsep OBE, namun kami masih belum yakin sesungguhnya yang benar bagaimana, karena akan menghadapi langsung dengan mahasiswa, belum lagi PDDIKTI, belum lagi nanti operator PDDIKTI masuk seperti apa, jadi kurikulum sudah disiapkan tetapi bagaimana implementasinya masih harus banyak belajar untuk kemudian menyempurnakan. Untuk itu melalui workshop ini diharapkan PS AGRIBISNIS mendapatkan pencerahan kemudian melangkah maju menyempurnakan bagaimana Kurikulum OBE diimplementasikan secara murni di PS AB FP UJB.

Pada kesempatan ini, hadir dua narasumber utama Dr Ir Agustina Shinta MP (UNIBRAW) dan Ir. H. Agus Baru Hartono (PT Teh Tembi). Hadir juga sejumlah undangan dari DUDI (PT HAN, Dinas Pertanian Kota Yogya, Bappeda dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bantul) yang juga memberikan testimoni serta masukan terhadap upaya peninjauan dan penyempurnaan Kurikulum OBE PS AGRIBISNIS FP-UJB. Workshop ini diselenggarakan Selasa (4/07/2023) di Hotel HOME PREMIERE Yogyakarta, dihadiri oleh seluruh staf pengajar dan tendik FP-UJB serta segenap pimpinan Universitas Janabadra Yogyakarta (Rektor dan segenap Wakil Rektor).

Testimoni dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bantul

Pada kesempatan yang sama, Dr Risdiyanto ST MT Rektor Universitas Janabadra Yogyakarta menyampaikan PS harus cepat melakukan penyesuaian terhadap perubahan jaman dan berbagai kebijakan dari pemerintah, dulu dikenal kuliah offline, kemudian metode perkuliahan online dan kahirnya kombinasi keduanya blanded. MBKM adalah kebijakan mandatori dari pemerintah, PT sebagai lembaga pendidikan dan PS serta UPPS sebagai pengelola program pembelajaran di kampus mau tidak mau dan senang tidak senang wajib untuk menyelenggarakan program MBKM ini. Sangat beruntung UJB dan sebagian besar PS-nya telah mendapatkan hibah MBKM sebagai sarana dan pemicu bagi pengelola untuk terus maju menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan jaman. PT sebagai lembaga pendidikan jangan hanya mengajarkan ilmu tetapi tidak tau bagaimana ilmu tersebut akan dipakai atau berguna atau tidak selepas mereka lulus dan masuk dunia kerja. Dengan bergulirnya program MBKM dari Kemendikbud PT saat ini wajib memfasilitasi peserta didik untuk belajar ilmu sebanyak mungkin dan memiliki ketrampilan (skill) dengan berbagai kompetensi yang nanti sungguh digunakan dalam bekerja.

Sumber berita : Tresno S / Humas Kerjasama UJB