ISSC GOES TO CAMPUS

Baja adalah salah satu bahan struktur yang banyak digunakan di Indonesia selain beton bertulang. Struktur baja memiliki keunggulan dari sisi praktis dan cepat dipasang juga memungkinkan untuk dibuat terlebih dahulu di pabrik sehingga cepat dipasang di lapangan dan tidak memerlukan banyak tempat untuk material. Baja juga memiliki keunggulan dari sisi lingkungan karena dapat diolah kembali dan mengurangi sampah material.
Mahasiswa perlu mengetahui hal-hal mengenai baja baik mengenai struktur baja maupun bahan baja serta sifatnya. Pengetahuan tentang industri baja dan produk-produk baja juga merupakan wawasan yang penting untuk diketahui mahasiswa. Indonesian Society of Steel Construction merupakan asosiasi yang bergerak di bidang baja, baik mengenai struktur baja maupun produk-produk lain pendukung baja. ISSC yang mempunyai program untuk memperkenalkan hal-hal mengenai baja ke perguruan tinggi melalui program ISSC goes to campus disambut baik oleh Fakultas Teknik Universitas Janabadra dan berlanjut dengan naskah perjanjian kerjasama.

Mahasiswa perlu mengetahui banyak hal mengenai perkembangan baja terkini baik dari sisi struktur baja, bahan baja dan produk-produk pendukungnya. Adanya asosiasi yang bergerak di bidang baja menjadi peluang bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan melalui program magang. Bagi dosen sebagai kalangan akademisi juga perlu mendalami kebutuhan dunia industri baja sehingga dapat memperkaya materi pembelajaran agar mahasiswa memiliki cukup pengetahuan untuk berkarya di bidang baja. Kalangan praktisi dari konsultan, kontraktor dan birokrat juga mendapatkan manfaat dari acara ini. Informasi mengenai keanggotaan ISSC juga turut disampaikan untuk menarik minat menjadi anggota karena banyaknya manfaat yang didapatkan.Sasaran dari kegiatan ini adalah mahasiswa, dosen, mitra-mitra yang bergerak di bidang baja, serta kalangan birokrasi.

Capaian yang diharapkan dari kegiatan ini adalah terciptanya jembatan dunia akademik dan dunia industri baja. Tersosialisasinya ISSC sebagai asosiasi baja, pengkayaan bahan pembelajaran dosen khususnya struktur baja dan material baja, bertambahnya wawasan mahasiswa mengenai bidang baja dan terbukanya kesempatan untuk magang di dunia industri baja.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin 16 Oktober 2023 di Ruang Auditorium Poerwokusumo Universitas Janabadra yang diikuti oleh 186 peserta. Sebagai panitia dalam acara ini adalah Himpunan Mahasiswa Sipil Program Studi Teknik Sipil Universitas Janabadra.
Acara dimulai pukul 8.00 dan dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Janabadra Dr. Risdiyanto, S.T., M.T. setelah sebelumnya diawali sambutan-sambutan antara lain sambutan Ketua Panitia Seminar Goes To Kampus Dr. Drs. Ir. Edison Hatoguan Manurung, S.T., M.M., M.T., M.H., sambutan Ketua Umum ISSC Budi Harta Winata, sambutan Executive Commite ISSC Ir. H. Rissafii (Aris) yang juga alumni Teknik Sipil Universitas Janabadra angkatan 1989 sekaligus Owner PT. Indotrans Konstruksi dan Ketua komtek Std. Pemeliharaan ISSC.  

Acara presentasi sesi pertama diawali Dr. Miftahul Iman, S.T., M.T. selaku pembicara dari Program Studi Teknik Sipil Universitas Janabadra mewakil kalangan akademisi, Presentasi Produk Material Baja Hulu Chandra Indarta Yulio. S.E., Sales Project, PT Krakatau Steel Tbk, Teknologi Fabrikator Widi Nugroho ST., MM., Project Coordinator, Quality and HSE Manager PT Indotrans Konstruksi Presentasi Produk Material Baja Ringan Fajar Wijayanto. S.E, Direktur Utama , PT. Wijaya Steelindo.

Sesi kedua setelah istirahat diisi oleh Presentasi Produk Material Nestable Flange / Gorong-gorong M. Sigit Setiawan, Sr. Marketing Executive PT. Sinergy Sarana Baja, Teknologi Galvanizing Purnama Indra Laksmana, Director at PT. Citra Galvanizing Indonesia, Teknologi Coating pada Konstruksi Baja Daniel Sibagariang, Sales Marketing , PT. Total Solusi Warna (MakePaint)
Kegiatan diakhiri pada jam 16.00 dan dapat disimpulkan mahasiswa banyak mendapatkan pengetahuan pada acara ini yang terlihat dari antusias peserta dalam mengikuti diskusi sampai akhir acara.