Universitas Janabadra Yogyakarta Gelar Workshop Pengelolaan Keuangan BUMDes dan Bank Sampah

UniversitasmJanabadram(UJB) bekerjasama denganmBUMDesmPanggung Lestari Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul mengadakan workshop pengelolaan keuanganmBUMDesmdan bank sampah. Kegiatan yang berlangsung di Kampoeng Mataraman ini guna memberikan pemahaman kepada pengelolamBUMDesmdan bank sampah, tentang cara pengelolaan keuangan yang baik sesuai dengan teori akuntansi yang ada.

Workshop kali ini diikuti oleh para pengelolamBUMDesmdan bank sampah di wilayah Desa Panggungharjo ini diisi oleh Dosen di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UJB Siti Rochmah Ika.

Siti Rochmah Ika menyampaikanmBUMDes empunyai kewajiban membuat laporan keuangan seluruh unit unit usahanya setiap bulan secara jujur dan transparan. BUMDes juga punya kewajiban melaporkan perkembangan usahanya kepada masyarakat desa melalui musyawarah desa, ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com, Sabtu (7/9/2019). Lanjutnya, prinsip pembukuan keuanganmBUMDesmdan bank sampah tidak berbeda jauh dengan pembukuan keuangan lembaga lainnya dengan menggunakan prinsip akuntansi. Fungsi akuntansi ini untuk menyajikan informasi keuangan kepada pihak internal dan eksternal sebagai dasar dalam pembuatan keputusan, ujarnya

Agenda workshop ini merupakan rangkaian kegiatan dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UJB Tahun 2019 yang didukung oleh Kementerian Ristekdikti melalui skema pengabdian masyarakat dengan tema Penerapan Teknologi Pirolisis untuk Mengolah Sampah Plastik dan Minyak Jelantah menjadi Bahan Bakar Minyak. Program ini diketuai oleh Dr Eng Mochamad Syamsiro yang juga Dosen di Jurusan Teknik Mesin UJB.

Dalam program ini akan dirancang dan difabrikasi mesin pirolisis skala kecil untuk diterapkan dimBUMDesmPanggung Lestari dan diharapkan menjadi salah satu solusi penerapan teknologi dalam pengolahan sampah.