Dr. Yanto Alumni FH-UJB Dilantik Menjadi Hakim Agung RI

Pengalaman Karier luar biasa dari Dr Yanto SH MH Hakim Agung yang baru saja dilantik dan diambil sumpah jabatan pada tanggal 5 Januari 2024 kemarin. Sebelumnya Yanto (demikian panggilan akrab) menjabat sebagai Panitera Muda Pidana Mahkamah Agung Republik Indonesia sejak 2021. Hakim yang sarat pengalaman ini lahir di Gunung Kidul pada tanggal 21 Januari 1960, merupakan sosok yang telah memberikan kontribusi yang besar dalam dunia hukum di Indonesia. Berikut adalah rangkuman pendidikan serta pengalaman kariernya. Semasa usia sekolah, pendidikan dilalui di Gunung Kidul tempat kelahiran, mulai dari SD Negeri dan SMP Muhammadiyah di Semin, Gunung Kidul. Kemudian lanjut sekolah menengah atas di SMA Muhammadiyah Wonosari, Gunung Kidul. Lepas usia sekolah Yanto muda mulai merantau keluar daerah tetapi masih di Daerah Istimewa Yogyakarta, menempuh pendidikan program sarjana pada Fakultas Hukum Universitas Janabadra Yogyakarta, tempat pertama kali dimana Yanto mulai menggeluti pendidikan bidang ilmu hukum.

Viral Dr. Yanto Alumni janabadra Fakultas hukum Dilantik Menjadi Hakim Agung RI

Setelah lulus Sarjana Hukum (SH), mengadu nasib dengan mencoba masuk dan diterima di salah satu institusi pemerintah menjadi penegak hukum tepatnya pada sebuah Pengadilan Negeri di daerah. Sebagai pemuda yang memiliki semangat nasionalisme dan patriotisme sebagaimana yang diajarkan di kampus UJB, Yanto mengawali kariernya di daerah dan siap sedia pindah secara periodik dari satu daerah ke daerah lain di seluruh wilayah nusantara. Disela-sela kesibukan menjalani karier sebagai hakim, Yanto masih menyempatkan diri untuk terus melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, Magister Hukum diraih dari Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta dan Doktor Ilmu Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Jayabaya.

Pengalaman Pekerjaan dan Karier:

Pengalaman karier:

  • Panitera Muda Pidana di Mahkamah Agung RI sejak tahun 2021
  • Pernah menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri di Manna, BKS, Tais Bengkulu, Bantul, Sleman, Denpasar, menjadi Hakim Tingkat Pertama di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan menjadi Hakim di beberapa Pengadilan Negeri di daerah lain.
  • Ketua Pengadilan Negeri, Pengadilan Tipikor, Pengadilan Niaga, Pengadilan Hubungan Industri, serta Ketua Pengadilan HAM Jakarta Pusat.
Viral Dr. Yanto Alumni janabadra Fakultas hukum Dilantik Menjadi Hakim Agung RI
Viral Dr. Yanto Alumni janabadra Fakultas hukum Dilantik Menjadi Hakim Agung RI Selamat

Hakim Agung yang juga memiliki hobi kesenian tradisonal wayang kulit ini, sempat beberapa kali memainkan sebagai dalang utama pada beberapa pagelaran wayang kulit, salah satu diantaranya ketika perayaan Lustrum ke XII kampus tercinta Universitas Janabadra Yogyakarta. Cintanya dengan dunia pendidikan, juga diwujudkan dengan terlibat mengajar secara aktif di perguruan tinggi sebagai dosen pada Program Magister Fakultas Hukum Universitas Janabadra Yogyakarta dan beberapa perguruan tinggi ternama lainnya. Dr. Yanto merupakan figur yang sangat disegani dalam lingkup peradilan di Indonesia. Dedikasinya yang tinggi dalam mengabdikan diri untuk menegakkan hukum, dan memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ilmu hukum diakui oleh banyak pihak. Pengalaman serta keahlian yang dimiliki Dr. Yanto menjadi modal berharga dalam menjalankan tugasnya sebagai Panitera Muda Pidana di Mahkamah Agung RI pun demikian dalam menjalankan tugas barunya sebagai Hakim Agung di Mahkamah Agung RI. Kontribusi beliau diharapkan akan terus menginspirasi generasi muda dalam meniti karier di bidang hukum dan peradilan.

Penulis: Tresno S / Humas-UJB