NEWS: AKREDITASI A untuk PS Agrisbisnis FP UJB

Berkat kegigihan dan kerja keras seluruh civitas akademika PS Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Janabadra Yogyakarta berhasil meraih peringkat AKREDITASI “A” dengan nilai 368 poin sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BANPT Nomor 2505/SK/BAN PT/Ppj/S/VI/2023 tentang Akreditasi Program Studi Agribisnis Universitas Janabadra Di Kota Yogyakarta tertanggal 27 Juni 2023. Status Akreditasi tersebut berlaku 10 Juli 2023 sd 10 Juli 2028.

Keberhasilan ini telah dirintis dan diupayakan oleh segenap pengelola prodi dan UPPS dalam kurun waktu yang panjang. Mulai dari bagaimana PS Agribisnis ini merumuskan visi misi tujuan dan strategi, menata kurikulum, menyiapkan proses pembelajaran, melengkapi sarana prasarana, hingga bagaimana memantau dan mengevaluasi dengan berbagai kegiatan penjaminan mutu yang diampu oleh Tim Penjaminan Mutu Fakultas (TPPMF) dan Badan Penjaminan Mutu (BPM). Penjaminan mutu di tingkat Prodi dan UPPS sangat penting untuk memastikan bahwa jargon Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yaitu Perumusan Pelaksanaan Evaluasi Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP) terhadap standar yang telah ditetapkan berlangsung secara sangat baik.

Atas keberhasilan ini, Dr Retno Lantarsih SP MP selaku Dekan FP UJB menyampaikan bahwa tantangan dunia pendidikan ke depan semakin berat, setiap satuan pendidikan dituntut tidak hanya meraih status akreditasi “A” atau “unggul” tetapi juga untuk terus berkembang menyesuaikan perkembangan Dunia Usaha dan Dunia Industri. Lebih lanjut dikatakan bahwa PS Agribisnis FP UJB dengan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memfasilitasi para mahasiswa peserta didik dengan berbagai kesempatan meraih berbagai kompetensi ke luar prodi bahkan ke luar kampus seperti pertukaran mahasiswa, program magang, riset, proyek kemanusiaan hingga proyek desa / KKN tematik.

PS Agribsinis adalah salah satu dari 11 Program Studi (8 program S1 dan 3 program S2) yang ada di Universitas Janabadra Yogyakarta yang berada pada 4 fakultas yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Hukum.

Sumber berita: Tresno S / Humas Kerjasama UJB