FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS JANABADRA YOGYAKARTA MENYELENGGARAKAN SELEKSI PAMONG KALURAHAN WUKIRHARJO, KAPANEWON PRAMBANAN, KAB. SLEMAN

Fakultas Hukum Universitas Janabadra Yogyakarta telah melakasanakan seleksi pamong Kalurahan Wukirharjo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, Dearah Istimewa Yogyakarta, pada hari Minggu 11 Juni pukul 8.00 16.00 WIB. Seleksi Pamong diselenggarkan atas Kerjasama dengan Pemerintah Kalurahan Wukirharjo, Kapanewon Prambanan, Kab. Sleman. Dalam penyelenggaraan tersebut, Pemerintahan Kalurahan mendasarkan pada Peraturan Daerah Kabupaten Sleman No. 10 tahun 2019 tentang Tatacara Pengisian dan Pemberhentian Perangkat Desa, dimana seleksi pamong Kalurahan wajib melibatkan Pihak ketiga yakni Perguruan Tinggi. 

 Dr. Sudiyana, SH. M. Hum Dekan Fakultas Hukum Universitas Janabadra Yogyakarta, mengatakan bahwa berdasarkan Permendikbud Nomor 3 tahun 2020 tentang Standart Nasional Pendidikan Tinggi, Seleksi pamong ini merupakan bagian dari kegiatan Tridarma Perguruan tinggi khususnya pengabdian kepada masyarakat tentang penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Keterlibatan Fakultas hukum dalam seleksi menunjukan adanya partisipasi dan peran aktif Fakultas dalam penyelenggaraan pemerintahan Kalurahan terutama dalam merekrut dan menyeleksi pamong Kalurahan sebagai aparat pemerintahan Kalurahan yang pada akhirnya akan menyelenggarakan pemerintahan pada tingkat kalurahan.

Menurut Lurah Wukirharjo Bapak Turaji, SE, ada dua formasi pamong yang diseleksi yaitu Kamituwo yang diikuti oleh 4 orang peserta, dan formasi Ulu Ulu yang diikuti 5 orang peserta, sesuai Perda para peserta telah mengikuti tahapan seleksi yang meliputi Psikotest, Ujian Tertulis, Ujian Wawancara dan praktek. Panitia Kalurahan, Kepala Jawatan Projo Kapanewon Prambanan, Babinsa, dan Babikamtibmas, juga turur hadir dan memantau proses seleksi pamong kalurahan. Harapan semua pihak baik dari Kalurahan Wukirharjo maupun kapanewon Prambanan agar proses seleksi berjalan dengan transparan, Jujur dan adil sesuai dengan Peraturan yang berlaku sehingga dapat menghasilkan yang terbaik.