Kolaborasi Dinas Pertanian Kota dengan FP UJB untuk penguatan program P2L

,

Fakultas Pertanian Universitas Janabadra bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta menyelenggarakan kuliah umum pada Selasa, 22 Maret 2022 pukul 09.15 12.00 WIB dan dilaksanakan secara daring melalui platform Zoo eeting. Acara ini dihadiri oleh 94 peserta yang terdiri atas dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Janabadra. Tahun ini, kuliah umu engusung tema Kolaborasi pemerintah (Dinas Pertanian Kota) dengan pendidikan tinggi untuk penguatan program P2L di Kota Yogyakarta dengan harapan peserta dapat mendapatkan ilmu terkait program pekarangan pangan lestari di Kota Yogyakarta.

Acara ini berlangsung selama 2 jam 45 menit dan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan dari Ir. Subeni, M.S. selaku dekan Fakultas Pertanian Universitas Janabadra. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi secara online dari Ir. M Imam Nurwahid dan Drh. Supriyanto M.VPH selaku narasumber yang dimoderatori oleh Dr. Untoro Hariadi, M.Si. selaku dosen Fakultas Pertanian Universitas Janabadra.m

Drh. Supriyanto M.VPH menyampaikan materi mengenai masalah pangan dunia seperti lahan hutan yang menjadi pertanian dan pertanian menjadi tempat tinggal, sisa pangan yang dibuang, rakusnya manusia serta carbon food print atau jejak polusi yang dinyatakan dalam karbon dioksida ekuivalen. Narasumber selanjutnya menyampaikan sebuah moto yaitu mangan sing ditandur, nandur sing dipangan yang apabila diartikan dalam Bahasa Indonesia yaitu makan yang ditanam dan menanam yang dimakan. Ir. M Imam Nurwahid menyampaikan materi mengenai dukungan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta khususnya di bagian ketahanan pangan melalui kegiatan P2L berupa penyediaan bibit dan sarana pembibitan, serta pendampingan ke kelompok tani.

Sumber berita: Rismiana MHS FP UJB / Panitia