Wisuda Daring Sarjana dan Pascasarjana Universitas Janabadra Periode Februari 2021

,

Dalam rangka mengawali perkuliahan semester genap Tahun Akademik 2020/2021, Fakultas Pertanian Universitas Janabadra menyelenggarakan Webinar dengan mengambil tema : Strategi Bisnis Produk Pertanian Organik Menembus Pasar Modern .m Webinar diselenggarakan hari Selasa, 16 Februari 2021 pukul 13.00 WIB melalui Zoom. Adapun pembicara yang dihadirkan dalam acara tersebut adalah dua praktisi yang telah lama menekuni pertanian organik, yaitu Untung Wijanarko, A.Md (Direktur Tani Organik Merapi) dan Sugiarto, SE (Direktur Jejaring LestarI).m Webinar dimoderatori oleh Dr. Untoro Hariadi, M.Si (Dosen Fakultas Pertanian UJB).

Webinar selain ditujukan pada kalangan internal juga terbuka buat masyarakat umum, terutama generasi muda. Pertanian organik diangkat menjadi fokus webinar karena tema ini sangat sesuai dengan visi misi Fakultas Pertanian UJB yang memiliki target pencapaian menjadi center of excellence Pertanian Perkotaan dan Pertanian Berkelanjutan pada tahun 2025. Melalui webinar ini generasi muda diharapkan makin terbuka wawasannya dan selanjutnya tertarik untuk mengembangkan usaha pertanian organik sebagai usaha bisnis yang ampu menembus pasar modern. Pengalaman yang dimiliki oleh Tani Organik Merapi (TOM) dala engembangkan pertanian organik bersama sama dengan Jejaring Lestari yang telah membuktikan dan membawa produk pertanian organik masuk ke pasar modern, diharapkan dapat menginspirasi generasi muda dan mangubah mind set generasi muda dari yang sebelumnya cenderung pesimis terhadap sektor pertanian menjadi generasi muda yang optimis dan menghargai sektor pertanian sebagai tumpuan harapan masa depan.

Perkembangan saat ini menunjukkan bahwa melalui strategi bisnis yang tepat produk pertanian organik telah merambah pasar modern seperti supermarket. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi modern dan media sosial, jangkauan pemasaran produk pertanian organik terbukti makin meluas. Di sisi lain meningkatnya kesadaran masyarakat akan produk pangan yang sehat, juga menjadi daya ungkit bagi bangkitnya produk pertanian organik sebagai tumpuan harapan masa depan, khusunya bagi generasi muda.m Dampak yang dapat dirasakan dengan makin berkembangnya pertanian organik adalah semakin sehatnya lingkungan pertanian karena makin banyaknya generasi muda dan petani yang terlibat dalam kegiatan ramah lingkungan ini, baik melalui pola kemitraan maupun usaha mandiri.