Fakultas Teknik Universitas Janabadra Mengadakan Seminar dan Workshop Building Information Modelling (BIM)

,

Fakultas Teknik Universitas Janabadra mengadakan seminar dan workshop Building Information Modelling (BIM) di Auditorium UJB, Rabu dan Kamis 26 27 Februari 2020. Workshop diikuti 350 peserta terdiri mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Janabadra terutama prodi teknik sipil, alumni dan praktisi di bidang kontruksi.

BIM salah satu trend digitalisasi di bidang konstruksi, sebelum sebuah gedung dibangun terlebih dahulu dibuat versi digitalnya. Dekan Fakultas Teknik Universitas Janabadra, Titiek Widyasari, S.T., M.T. mengatakan Kita bekali mahasiswa FT UJB dengan kompetensi BIM ini agar mampu bersaing di dunia kerja.

Workshop diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Janabadra bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Kompetensi (PPK) UJB, Autodesk yang mengembangkan software BIM, PT. Pembangunan Perumahan (PP) Persero Tbk dan Ikatan Nasional Tenaga Ahli Konsultan Indoensia (Intakindo).

Disela sela kegiatanmseminar dan workshop BIM, sebanyak 12 mahasiswa FT UJB mendapatkan beasiswa berprestasi. Para mahasiswa penerima beasiswa berasal dari Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Teknik Informatika. Beasiswa berasal dari FT UJB, Bank BNI dan alumni. Beasiswa dari FT UJB dan Bank BNI diperuntukkan bagi 5 mahasiswa Teknik Sipil, 1 mahasiswa Teknik Mesin, dan mahasiswa Teknik Informatika. Sedangkan 2 mahasiswa lagi berasal dari Alumni Teknik Sipil UJB diberikan untuk 2 mahasiswa Teknik Sipil.

Hari pertama workshop mengulas tentang software BIM dari Autodesk. Hari kedua pemaparan implementasi BIM pada proyek bandara YIA. Setelah mengikutimseminar dan workshop peserta akan mendapatkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), sedangkan praktisi memperoleh Satuan Kredit Pengembangan Keprofesian (SPKP).