UJB Tambah Doktor Baru Bidang Hukum

,

Fakultas Hukum, Universitas Janabadra (FH UJB) menambah satu lagi dosen yang bergelar doktor, yaitu Dr Suryawan Raharjo SH LLM yang berhasil mempertahankan disertasinya pada ujian terbuka di Program Doktor Ilmu Hukum UNS pada 28 Februari 2019 lalu.

Dekan FH UJB Dr Sudiyana SH MHu engatakan, dengan kembalinya Dr Suryawan ke UJB, semakin memperkuat FH UJB yang saat ini telah memiliki 10 dosen bergelar doktor. Kehadiran Dr Suryawan juga semakin memperkuat Prodi S2 Magister Ilmu Hukum yang dimiliki UJB, yang saat ini terakreditasi B dan harapannya kedepan bisa segera menjadi A, terang Sudiyana didampingi Wakil Dekan I Dr Dyah Permata Budi Asri SH MKn dan Wakil Dekan II Sunarya Raharja SH MHum di kampus UJB Timoho, Selasa (6/3/2019).

Disertasi Dr Suryawan berjudul ‘Membangun Model Pembinaan Bagi Anak yang Berkonflik dengan Huku elalui Prinsip Kepentingan yang Terbaik bagi Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA)’. Penelitian ini menganalisa harmonisasi peraturan perundang undangan yang mengatur konsep anak yang berkonflik dengan hukum beserta hak haknya, mengetahui dan mengkaji implementasi asas Kepentingan terbaik bagi anak di LPKA. Penelitian Dr Suryawan menggunakan jenis penelitian hukum normatif atau penelitian doktrinal. Hasil penelitian ini merekomendasikan perlunya peran masyarakat dalam pembinaan anak baik melalui lembaga perlindungan anak, lembaga keagamaan, LS aupun organisasi sosial lainnya.

Sementara itu Rektor UJB Dr Ir Edy Sriyono MT didampingi Wakil Rektor I Dr Eng Mochamad Syamsiro dan Wakil Rektor II Siti Rochmah Ika SE MSc Akt mengatakan, dengan bertambahnya satu lagi doktor di lingkungan UJB semakin mempertegas posisi UJB sebagai kampus swasta berkualitas di kota Yogya. Saat ini ada beberapa dosen yang sedang menempuh studi S3 di beberapa kampus di Indonesia, sehingga dalam 2 3 tahun kedepan akan banyak dosen bergelar doktor kembali ke kampus.

Menurut Rektor, UJB mendorong dosen dosennya untuk melanjutkan studi doktoral (S3) dengan memberikan beasiswa secara penuh. Tentunya ini menjadi suatu pencapaian yang menggembirakan. Saat ini UJB mempunyai 11 prodi yang terdiri dari 8 prodi S1 dan 3 prodi S2. Diharapkan penambahan dosen bergelar doktor akan memperkuat prodi S2 yang ada di UJB, ujarnya.m