Cetak Lulusan Profesional, FH UJB Gandeng PN Bantul

Fakultas Hukum Universitas Janabadra (FH UJB) Yogyakarta menjalin kerja sama dengan Pengadilan Negeri (PN) di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi penelitian, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dilakukan di PN Bantul, Kamis (9/5/2019) oleh Dekan Fakultas Hukum UJB, Dr Sudiyana SH MHum dan Ketua PN Bantul Agung Sulistiyono SH SSos.

Menurut Sudiyana, kerja sama FH UJB dengan PN Bantul dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat pencari keadilan di wilayah hukum PN Bantul. Selain itu untuk meningkatkan kualitas lulusan FH UJB yang profesional.
Diharapkan setelah lulus, para lulusan FH UJB dapat mengabdikan ilmunya di masyarakat dengan benar dan professional, terang Sudiyana disela kegiatan.

Acara penandatanganan MoU dihadiri para pengurus FH UJB seperti Wakil Dekan I dan II, para ketua bagian serta perwakilan mahasiswa. Sedangkan dari PN Bantul, hadir Kepala Panitera, para hakim dan seluruh pejabat fungional di lingkungan PN Bantul.

Dijelaskan Sudiyana, dengan adanya MoU ini maka mahasiswa FH UJB dapat berpraktek di PN Bantul di bawah bimbingan para hakim yang sudah berpengalaman. Selain itu, di bawah bimbingan para dosen, mahasiswa dapat melakukan research atau bahkan embuat dissenting opinion terhadap putusan putusan PN, yang hasilnya dapat dipergunakan sebagai kritik atau saran bagi PN Bantul.

Sedangkan bagi PN Bantul, dapat mengirimkan pegawainya, misalnya hakim, panitera maupun pegawai adminitratif untuk melanjutkan studi pada Progra agister Ilmu Hukum FH UJB, untuk peningkatan kualitas SDM. Sehingga MoU ini dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Secara rinci, MoU tersebut akan ditindaklanjuti dalam bentuk perjanjian kerjasama/kontrak kerja antara FH UJB dengan PN Bantul, pungkasnya.