PENGABDIAN MASYARAKAT INTERNASIONAL LP3M UNIVERSITAS JANABADRA YOGYAKARTA BERSAMA INSTITUSI LAIN DARI INDONESIA

Pada 20-24 Agustus 2024 lalu Team Pengabdian masyarakat LP3M (Lembaga Penelitian Publikasi Dan Pengabdian Pada Masyarakat) Universitas Janabadra Yogyakarta melakukan Pengabdian Internasional yang berlokasi di Sabah Malaysia.

dalam kegiatan ini ada dua agenda pengabdian yang diselenggarakan, yang pertama adalah kegiatan Mengajar di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), sekolah ini merupakan Lembaga Pendidikan anak-anak perantau Indonesia di kota Kinabalu Sabah Malaysia. pada kesempatan kali ini dua dosen dan satu mahasiswa dari Universitas Janabadra Yogyakarta menjadi narasumber yang menyampaikan materi sesuai tema masing-masing. Erni Ummi Hasanah, S.E.M.Si sebagai salahsatu narasumber menyampaikan tentang Village Owned Enterprises , dan Siti Rochmah Ika, S.E.,M.Sc.,Ak.,C.A.,CSRA membawakan materi tentang Corporate Sustainability & Information System ,  sedangkan Andre Maulana (Mahasiswa Prodi Akuntansi) menyampaikan materi dalam bidang Entrepreneurship.

Team pengabdian masyarakat Internasional UJB juga Memberikan bantuan sembako di Komunitas Masyarakat Mesjid di kota Kinabalu, Sabah, Malaysia. Selain pengabdian tersebut team pengabdian masyarakat UJB juga melakukan kegiatan institusi lain yaitu, Penandatangan LOI (Letter of Intent) dengan mitra internasional yaitu antara Peneleh Reseach Institute dari University Malaysia Sabah (UMS) dan LP3M dari Universitas Janabadra Yogyakarta.

 

dalam kunjungan ke University Malaysia Sabah team pengabdian masyarakat LP3M juga Melakukan Focus Group Discussion (FGD) terkait kolaborasi penelitian yang akan datang. Dalam FGD ini yang intens untuk mengadakan kerjasama dalam bidang tri darma perguruan tinggi (Pendidikan/pengajaran, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat) termasuk kegiatan kemahasiswaan adalah FAKULTI PERNIAGAAN, EKONOMI & PERAKAUNAN, UMS diwakili oleh Prof Madya Dr. Suddin Lada yang berkedudukan sebagai Timbalan Dekan (bidang Penyelidikan dan Inovasi). 

di akhir kunjungan team Pengabdian Masyarakat UJB Menghadiri Visiting Lectures di Faculty of Social Sciences and Humanities, UMS.

Pemateri dalam agenda ini adalah:

  1. Prof Dr. Asmady IdrisDean of Faculty of Social Sciences and Humanities, from University Malaysia Sabah
  2. Novrida Qudsi Lutfiah Director of Peneleh Research Institute
  3. Aji Dedi MulawarmanLecturer Departement of Accounting FEB – from Universitas Brawijaya
  4. Pauline YongLecturer of Sociology and Social Antropology – from University Malaysia Sabah