Dilantik Rektor 18 Pejabat Baru setingkat Kepala Unit di Lingkungan UJB

Senin (3/6/2024) diselenggarakan Upacara Pelantikan baru setingkat Kepala Unit (Kanit) di lingkungan Universitas Janabadra Yogyakarta yang berlangsung di ruang Multipurpose Kampus Pusat Universitas Janabadra Yogyakarta Jalan T.R. Mataram No. 55-57 Yogyakarta. Ada 18 pejabat baru di unit Fakultas, Lembaga, Badan dan UPT di lingkungan Universitas Janabadra. Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Rektor UJB Nomor 16/KPTS/UJB/V/2024 tentang Pengangkatan Kepala Unit di lingkungan Universitas Janabadra Yogyakarta Masa Bakti 2024-2026, oleh Nurwiyanta SE., MM selaku Wakil Rektor II.

Dalam sambutannya, Dr. Risdiyanto, ST MT Rektor UJB menyampaikan beberapa hal penting, pertama mengucapkan selamat kepada segenap pejabat yang dilantik. Lebih lanjut disampaikan, saat ini persaingan PT sangat ketat, persaingan merekrut / datangkan mahasiswa baru semakin ketat. Aspek layanan, baik kepada mahasiswa, calon mahasiswa maupun segenap stakeholders harus menjadi perhatian dan harus dipastikan baik. Misalnya, bagaimana layanan ketika ada calon mahasiswa baru bertanya dan melakukan proses administrasi, apakah kita telah memberikan layanan dengan cepat dan baik? Hal ini akan menjadi bahan promosi getok tular  ke luar kampus. Ketika kita memberikan layanan dengan baik, maka kebaikan tersebut akan disebarluaskan keluar dengan baik pula. Tetapi sebaliknya ketika kita memberikan layanan yang tidak baik maka hal ini pula yang akan disebarluarkan keluar. Oleh karena itu, maka seluruh layanan di unit layanan harus disiapkan dan dipastikan berlangsung dengan baik. Inilah salah satu tugas yang harus diemban oleh para pejabat baru di unit masing-masing untuk diwujudkan bersama seluruh staf pendukung yang ada.  

Kedua, mari kita tumbuhkan karekter menjadi pribadi-pribadi yang jujur, baik jujur dalam pengelolaan keuangan, administrasi, maupun dalam tindakan sehari-hari. Kejujuran adalah awal dari kesuksesan-kesuksesan selanjutnya, dan sebaliknya ketidakjujuran akan mendatangkan masalah-masalah di kemudian hari.

Selanjutnya Drs. Suryadiman, SE MM selaku Ketua Pelaksanana Yayasan Perguruan Tinggi Janabadra (YPTJ) dalam sambutannya, antara lain menyampaikan pesan 5 Ko untuk diterapkan oleh para pejabat baru dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, yaitu Komitmen, Komunikasi, Koordinasi, Koperasi dan Kompak. Disamping itu 3 hal sikap berikut ini baik untuk diterapkan dalam menjalankan pekerjaan: 1) Bekerja tanpa diperintah, sesuai jobdes masing-masing, 2) Disiplin tanpa harus diawasi dan 3) Bertanggungjawab tanpa diminta.