Tingkatkan Kemampuan Berkomunikasi secara Profesional,Fakultas Teknik UJB Gelar Workshop Public Speaking

Dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi dan pelayanan di lingkungan akademik, Fakultas Teknik Universitas Janabadra mengadakan Workshop Public Speaking khusus untuk karyawan dan pejabat struktural serta dosen-dosen muda. Workshop ini diselenggarakan pada Senin, 25 November 2024 di kampus Universitas Janabadra. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan audiens dengan lebih percaya diri, mengajarkan teknik komunikasi yang efektif untuk menunjang aktivitas akademik maupun administrasi dan memperkuat kemampuan menyampaikan gagasan secara persuasif dan profesional.

 

Menurut Fatsyahrina Fitriastuti, S.Si., M.T. menyampaikan bahwa: “Public speaking adalah keterampilan penting yang mendukung keberhasilan di berbagai aspek pekerjaan, terutama bagi pejabat struktural dan karyawan yang seing secara langsung berinteraksi dengan banyak pihak. Melalui workshop ini, kami ingin menciptakan lingkungan kerja yang lebih komunikatif dan inspiratif.”

 

 

 

 

Workshop ini dipandu oleh pembicara profesional di bidang komunikasi public yaitu Dyah Paramita Widhikirana, S.I.P., M.I.Kom. , seorang trainer komunikasi publik berpengalaman yang telah memberikan pelatihan di berbagai organisasi dan institusi pendidikan.

 

 

 

 

Sebelum melakukan kegiatan public speaking, menurut narasumber, ada hal-hal penting yang harus dipersiapkan, yaitu memahami (menguasai) pesan yang akan disampaikan, mengenali karakteristik calon audiens, menyadari realita yang terkait dengan pesan dan audiens, dan memilih alat yang tepat untuk menyampaikan pesan. Secara khusus, narasumber menyampaikan tips praktis agar sukses dalam melakukan public speaking yaitu terus berimprovisasi dan terus berlatih sampai mendekati sempurna.
Selain tentang public speaking, narasumber juga menyampaikan tentang pemasaran agar membekali tim promosi terutama ketikaa harus berpromosi di sekolah-sekolah atau instansi-instansi. Ada 9P dalam Marketing yaitu perpaduan yang selaras antara Product, Price, promotion, place, people, packaging, physical evidence, process dan payment method.