Hibah MKWK UJB 2024: Workshop Penyusunan Dokumen Kebijakan & POB PT terkait Pembelajaran Berbasis Proyek

Tahun 2024 ini Universitas Janabadra Yogyakarta kembali mendapatkan sejumlah hibah institusi dari Kemendikbudristek, salah satunya adalah Hibah Model Pembelajaran Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Pendidikan Tinggi (MKWK – PT). Rangkaian Program Hibah MKWK Universitas Janabadra Yogyakarta 2024 terkait ketersediaan dokumen pelaksanaan MKWK dibagi dalam dua tahap, Workshop I hari ini (30 Juli 2024) dan Workshop II tanggal 5 Juli 2024 dengan narasumber Dr Nindyo Cahyo Kresnanto dan Wika Harisa Putri SE, SH, MSc (Ketua dan Wakil PPK – UJB).

Dalam rangka penyempurnaan mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan semua mata kuliah yang diselenggarakan di lingkungan Universitas Janabadra Yogyakarta berbasis pada Project Base Learning (PBL), Student Centre Learning (SCL) dan Case Methode perlu disusun dan dilengkapi berbagai panduan sebagai acuan dalam penyelenggaraan semua mata kuliah wajib kurikulum (MKWK). Target luaran hibah MKWK Universitas Janabadra Yogyakarta Tahun 2024 ini ada 6 pedoman yang akan disusun yaitu: 1) Panduan Penyusunan Kebijakan Akademik, 2) Pedoman Operasional Baku, 3) Panduan Kerjasama Transfer Kredit dalam PT, 4) Panduan Implementasi MKWK, 5) Panduan Implementasi SCL dalam LMS, dan 6) Panduan Penyusunan RPS.

Target Workshop I tersusun 3 dokumen panduan penyusunan yaitu terkait dengan Kebijakan Akademik, Pedoman Operasional Baku, serta Pelaksanaan Model Pembelajaran Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Pendidikan Tinggi (MKWK), 3 dokumen lain akan dikerjakan dalam workshop berikutnya.

Peserta pada Workhshop I ini adalah para pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan terkait program MKWK, dan diharapkan pada Workshop II akan diikuti oleh para pengampu mata kuliah MKWK.