SYAWALAN UNIVERSITAS JANABADRA YOGYAKARTA 2023

Rabu (26/04/2023) Universitas Janabadra Yogyakarta mengadakan acara Halal bi halal bagi keluarga besar Universitas Janabadra di Auditorium KPH Poerwokoesoemo Kampus Pusat Universitas Janabadra Yogyakarta Jalan TR Mataram 55 57 Yogyakarta. Rangkaian acara diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Janabadra, kemudian dilanjutkan sambutan sambutan oleh Rektor dan Ketua Pengurus Yayasan, Hikmah Syawalan dan doa oleh Ustadz Muhammad Sukirman, Pembacaan Ikrar Syawalan, Berjabatan tangan dan diakhiri dengan ramah tamah.

Dalam sambutannya, Dr Risdiyanto ST MT selaku rektor Universitas Janabadra Yogyakarta, menyampaikan bahwa sesungguhnya tradisi syawalan itu hanya ada di Indonesia. Menurut Risdiyanto ada dua pendapat, pertama di tahun 1935 ada seorang pedagang asal India yang menjual Martabak di Solo. Pedagang itu kalau menawarkan dagangannya dengan berucap “halal bin halal halal bin halal” maksudnya “halal banget”, kemudian dalam lafal orang Indonesia menjadi “Halal bi Halal”. Kedua, pada tahun 1948 Ki Haji Abdul Wahab seorang tokoh Nahdatul Ulama mengusulkan kepada Presiden Soekarno yang ketika itu terjadi banyak perselisihan diantara para pemimpin bangsa, maka untuk meleburkan itu dibuat acara halal bi halal. Secara struktur bahasa, kata halal bi halal sesungguhnya maknanya tidak ada, tetapi intinya adalah kita semua yang memiliki kesalahan itu saling menghalalkan atau meleburkan dosa dosa diantara kita. Berkenaan dengan itu maka hari ini Universitas Janabadra Yogyakarta menyelenggarakan halal bi halal bagi segenap keluarga besar Universitas Janabadra. Acara halal bi halal dihadiri oleh segenap ketua dan anggota Yayasan Perguruan Tinggi Janabadra, Pimpinan Universitas dari Rektor beserta seluruh jajaran hingga seluruh dosen / karyawan dan perwakilan mahasiswa.

Selanjutnya Drs Surjadiman SE MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini Universitas Janabadra meliliki 11 program studi yang terdiri atas 9 PS Program Sarjana dan 3 PS Program Magister. Kini, sudah saatnya Universitas Janabadra untuk segera membuka program studi baru sesuai Statuta Universitas Janabadra Yogyakarta Tahun 2021 agar arah kebijakan sebagaimana yang telah digariskan dalam rencana strategis dapat terlaksana dengan baik bagi kemajuan dan perkembangan Universitas Janabadra.

Acara inti Hikmah Syawalan disampaikan oleh Ustadz Muhammad Sukirman, berikut cuplikannya. 

 

Acara syawalan diakhiri dengan pembacaan ikrar, kemudian jabat tangan saling memaaffkan satu dengan yang lain dan ramah tamah.

Segenap pimpinan Universitas Janabadra Yogyakarta mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H Mohon Maaf Lahir dan Batin”.

Sumber berita:

Tresno / Humas & Kerjasama UJB