REKTOR UJB MERESMIKAN MASJID IKS DI KALURAHAN SRIMULYO

Pada hari Kamis tanggal 19 Oktober 2023, di lingkungan kalurahan Srimulyotepatnya di dusun Payak Cilik dilaksanakan perhelatan “ Sosialisasi Akbar Nilai-nilai Kebangsaan dilanjutkan peresmian Pendopo dan Mesjid IKS”. Agenda tersebut di hadari oleh Rektor Universitas Janabdara bapak Dr. H. Risdiyanto, S.T.,M.T dan juga mantan bupati Bantul bapak Drs. H. Idham Samawi. Dalam perhelatan tersebut terdapat tiga agenda yang luar biasa yaitu (1) Sosialisasi akbar nilai-nilai kebangsaan; (2) peresmian pendopo kalurahan Srimulyo yang baru; dilanjutkan (3) Sambutan dan peresmian masjid IKS oleh Rektor Universitas Janabadra.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan sambutan dari lurah Srimulyo bapak Drs. Wajiran, bahwa pembangunan pendopo yang baru di dusun Payak Cilik tersebut terkait pendopo kalurahan yang lama, sudah tidak bisa menampung tamu-tamu terutama dari daerah-daerah lain darii seluruh wilayah Indonesia yang mengadakan studi banding ke kalurahan Srimulyo. Diketahui bahwa setiap harinya kalurahan Srimulyo kedatanagan tamu sekitar 200 sampai dengan 500 orang. Dilanjutkan pidato sosialisasi nilai-nilai kebangsaan oleh Bapak H.M. Idham Samawi yang menyampaikan bahwa kemajuan dan perkembangan teknologi di era keterbukaan ini berbading terbalik dengan eksistensi nilai-nilai kebangsaan yang perlahan semakin memudar.

Dalam rangkain agenda tersebut rektor UJB Bapak Dr. H. Risdiyanto, dalam sambutannya mengatakan bahwa Kerjasama Universitas Janabadra dengan kalurahan Srimulyo sudah berlangsung lama mulai tahun 2018. Saat itu ada kegiatan Hibah dari Kemendikbud Ristek oleh dosen FEB bapak Drs. Danang Wahyudi, M.Si selama 3 tahun di Srimulyo (2019-2021) dengan jumlah total dana hibah selama 3 tahun 450.000.000 (empat ratus lima pulih juta rupiah). Dilanjutkan tahun ini Universitas Janabdara menerjunkan mahasiswa KKN tematik di kalurahan Srimulyo sejumlah 367 (tiga ratus enam puluh tujuh) mahasiswa di 22 dusun. Di akhir agenda maka dilakukan peresmian masjid IKS (Ibukota Kalurahan Srimulyo) oleh pak reKtor yang secara simbolis dengan menandatangi prasasti.

Sumber Berita: Erni Ummi Hasanah (LP3M UJB)