PT Aneka Dharma Persada (ADP) menerima kunjungan KL Mahasiswa Program Magister Teknik Sipil Universitas Janabadra Yogyakarta (MTS UJB)

,

Sabtu (27/05/2023) PT Aneka Dharma Persada (ADP) menerima kunjungan Kuliah Lapangan Mahasiswa Program Magister Teknik Sipil Universitas Janabadra Yogyakarta (MTS UJB). Dalam pengantarnya, Dr. Nindyo Cahyo Kresnanto, ST MT. selaku Ketua Program MTS UJB menyampaikan bahwa kunjungan Praktek Kerja Lapangan ini merupakan kuliah lapangan pertama pasca Pandemi Covid 19. Salah satu tujuan kegiatan ini adalah mendekatkan lulusan kepada Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), setelah lulus supaya tidak gagap ketika menghadapi pekerjaan yang sesungguhnya. Sebagai contoh, dalam pembangunan insfrastruktur seperti pembangunan jalan ini tidak saja persoalan strukturnya yang rumit tetapi justru masalah masalah lain seperti masalah lingkungan, masalah koordinasi antar lembaga, masalah sosial dan sebagainya.Lebih lanjut Nindyo berharap dalam kunjungan lapangan ini, para mahasiswa tidak hanya mendengar dan melihat tetapi juga berkesempatan untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan ekspert yang sedang mengerjakan sebuah proyek besar.

Berikut dokumentasi video kegiatan:

Turut hadir dalam PKL ini, Dr. Risdiyanto ST MT dosen Program MTS yang juga adalah Rektor Universitas Janabadra Yogyakarta, para dosen senior DR Ilham Poernomo, Dr Hanung, Dr Sahadi serta beberapa dosen senior lainnya. Dari pihak pelaksana proyek hadir Riyanto Tim pelaksana proyek PT Aneka Dharma Persada (ADP) dan Laju Baru (LB), Muh Firmansyah Tim pengawas dan pemeliharaan ruas jalan propinsi di Kabupaten Gunungkidul serta Rinto konsultan PT ARS Baru KSO PT Tri Patra Konsultan.

magister-teknik-sipil-universitas-janabadra-yogyakarta-mts-ujb

Menerima kunjungan KL MTS-UJB, banyak alumni UJB bekerja di kantor kami…Pengerjaan Jembatan dan jalan Tawang Alang sekmen ruas 2 dan ruas 3 di bawah dinas PUP dan ESDM Propinsi DIY khususnya Binamarga. Proyek pengerjaan jalan dengan panjang efektif 2,575 Km dengan dua jembatan masing-masing janjang 200 meter dan 100 meter, merupakan bagian dari ruas jalan Prambanan-Gading Gunungkidul. Tujuan ruas jalan ini dibangun antara lain untuk mengurai jalan Wonosari khususnya di sekitar Pathuk yang sering terjadi kemacetan panjang dan sering terjadi longsoran. Kedepan ruas jalan ini akan menghubungkan mulai dari exit Tol prambanan ke arah gunung kidul dapat melalui ruas jalan ini tanpa harus masuk melalui wilayah Kota Yogya, Sleman maupun Bantul yang akhirnya menumpuk di jalan Wonosari. Kontrak kerja pengerjaan jalan ini telah dilakukan 20 Februari 2023 dengan nilai RP 99,2M, rencana pelaksanaan 314 hari kalender akan penyerahan pertama 30 Desember 2023, dengan waktu pemeliharaan 365 hari kalender.

Sebagai pelaksana pekerjaan proyek jalan Tawang Alang sekmen ruas-2 dan ruas-3 ini kerjasama operasional antara PT Aneka Dharma Persada (ADP) dengan Laju Baru (LB), dengan konsultan pengawas PT Ars Baru KSO dengan PT Tri Patra Konsultan, yang ber lokasi di wilayah Nglanggeran.

Gambaran pekerjaan jembatan 200 meter konstruksi atas dengan gelagar, 2 abudmen dan 4 kolom atau pilar tinggi 15 meter. Kesulitan teknis dihadapi dalam pengerjaan proyek ini terutama masalah cuaca dengan curah hujan cukup tinggi. Jenis batuan batuan Gunung Api Purba dengan tanah lempung kemerahan rawan terhadap longsor. Berkenaan dengan adanya destinasi wisata air terjun Kedung Kandang, maka selama masa pengerjaan proyek ini kegiatan pariwisata ini ditutup.

Proyek pengembangan ruas jalan dan jembatan ini nantinya membuka destinasi obyek wisata baru di daerah nglanggeran berupa view jembatan di atas air terjun Kedung Kandang dan sisi kiri kanan teras sering sawah dengan tenaman padi. Proyek ini dikerjakan dengan sumber dana Keistimewaan DIY maka wajah jembatan yang dibangun mempunyai tampilan khas DIY berupa tembok pagar sisi kiri dan kanan gaya kraton Yogya warna hijau dengan ornament gunungan dan pada kedua ujung jembatan diberikan hiasan berupa gunung.

Sumber berita : Tresno S / Humas & Kerjasama UJB