WISUDA SARJANA & PASCASARJANA PERIODE AGUSTUS 2021

Universitas Janabadra (UJB) menggelar wisuda Program Sarjana dan Pascasarjana secara daring, Sabtu (28/8). Dalam wisuda kali ini Rektor UJB mewisudam388 lulusan terdiri dari 323 lulusan Program Sarjana dan 65 lulusan Program Pascasarjana. Wisuda berlangsung di Auditorium KPH. Poerwokoesoemo Kampus Pingit Universitas Janabadra Jln. Tentara Rakyat Mataram 55 57 Yogyakarta. Pada kesempatan wisuda ini hadir perwakilan misudawan/wisudawati sebanyak 11 orang bersama kedua orang tua masing masing, sementara yang lain mengikuti secara daring dari rumah masing masing.

Rektor UJB, Dr. Ir. Edy Sriyono, MT mengatakan saat ini kita masih terus berjuang melawan pandemi Covid 19. Per 16 Agustus 2021 tercatat 3,8 juta lebih kasus positip Covid 19 di Indonesia dan lebih dari 118 ribu jiwa meninggal karenanya. Implikasi luar biasa besar di balik data statistic tersebut. Bahkan menurut bank dunia setiap dua kematian karena Covid 19 satu anak kehilangan pengasuhnya, artinya setiap 12 detik seorang anak menjadi yatim dan/atau piatu karena Covid 19 ini tuturnya.

Sebagai perguruan tinggi, Universitas Janabadra turut bertanggungjawab dala engatasi pandemic ini bersama seluruh elemen pemerintah dan masyarakat mendorong penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi. Di Lingkungan UJB sendiri, telah diberikan vaksin tahap 1 dan tahap 2 terhadap hampir seluruh dosen dan tenaga kependidikan sebanyak 224 orang. Demikian juga tanggal 14 15 Agustus lalu UJB kerjasama dengan Kopassus Grup 2 Kandang Menjangan telah memberikan vaksin tahap 1 kepada 1.445 orang yang terdiri sebagian besar mahasiswa dan beberapa dosen/keluarga serta sebagian mahasiswa PT lain dan masyarakat sekitar kampus UJB. Berbagai upaya ini merupakan wujud kepedulian kampus UJB turut dala encecah bahkan memutus mata rantai penyebaran Covid 19 di tengah tengah civitas akademika dan masyarakat.

Lebih lanjut Edy Sriyono menyampaikan pandemi memberi pelajaran penting bagi seluruh warga masyarakat termasuk civitas akademika tentang perlunya mempersiapkan generasi masa depan bangsa yang lebih baik, lebih kuat, dan berkelanjutan .

Ia pun berharap lulusan Universitas Janabadra harus memiliki kepekaan social yang tinggi dan kepedulian terhadap masa depan bangsa.

Akhir kata, selamat atas pencapaian kelulusan Anda sekalian di Kampus Kebangsaan ini, semoga Allah SWT menyertai kita semua dala elalui pandemic ini paparnya.

Sementara Erna Sri Wibawanti, SH., M.Hum selaku Wakil Rektor I bidang akademik UJB melaporkan bahwa wisudawan/wisudawati periode Agustus 2021 ini lulus dengan rerata IPK diatas 3,00 dengan masa studi rata rata 2,5 tahun untuk program pascasarjana dan 4,35 tahun untuk program sarjana. Hingga periode Agustus 2021 ini Universitas Janabadra telah mewisuda sebanyak 18.291 orang sarjana.

Penulis

Tresno/Humas UJB