Artikel Dosen UJB Berhasil Mendapat Predikat Sebagai Salah Satu Best Paper di Ajang Konferensi Regional Akuntansi (KRA) VII Tahun 2020

Program Studi Akuntansi Universitas Janabadra (UJB) mendapatmprestasi membanggakan di ajang Konferensi Regional Akuntansi (KRA) VII Tahun 2020. Delapan artikel penelitian dosen dan mahasiswa Akuntansi UJB lolos untuk dipresentasikan pada KRA VII tersebut. Bahkan salah satu artikel berjudul Political Connection, Corporate Governance, and Earnings Quality ; dengan penulis Siti Rochmah Ika berhasil mendapat predikat sebagai salah satu Best Paper.

Wakil Rektor III UJB, Eko Nurharyanto, S.H., M.Hum. engatakan, KRA merupakan kegiatan konferensi rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Tahun ini, Universitas Negeri Malang sebagai tuan rumah. Karena masih pandemi, KRA diselenggarakan daring pada 20 21 Oktober 2020. Universitas Janabadra merupakan salah satu Universitas pengirim artikel diterima terbanyak dalam KRA VII.

Delapan artikel penelitian dari UJB merupakan artikel penelitian yang kebanyakan tugas akhir mahasiswa atau skripsi dengan dosen pembimbing Siti Rochmah Ika, S.E., M.Sc.,mAk.,mCA. dan M. Yudhika Elrifi S.E., M.Sc., Ak., CA. Dua artikel mengambil tema korupsi dengan penulis Aditya Junedi dan Wisnu Muliantoro. Sedangkan enam artikel penelitian yang lain mengambil tema Koneksi Politik dalam Hubungannya dengan Kualitas Pelaporan Keuangan ; yang diukur dengan berbagai macam variabel. Seperti penghindaran pajak secara agresif yang ditulis oleh Yuli Astuti.

Kemudian nilai perusahaan yang disusun oleh Nofera Wulandari, koneksi politik dan jangka waktu pelaksanaan audit oleh Nurul Badriyah, kinerja perusahaan oleh Fani Alfianti, dan pengaruh koneksi politik terhadap tingkat hutang perusahaan oleh Sri Maryuni. Artikel yang berhasil meraih Best Paper adalah dari rumpun tema koneksi politik, dengan tema koneksi politik dan kualitas laba perusahaan.

Sementara Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Janabadra, Nurwiyanta S.E., M.M. mengatakan, prestasi best paper merupakan satu langkah capaian setelah perubahan nama dari Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) pada 7 Oktober 2020 kemarin.