UJB Dampingi Industri Gula Semut Kulonprogo

Dalam rangka menjalankan dharma ketiga perguruan tinggi, Universitas Janabadra (UJB) terus berupaya hadi di masyarakat dengan melaksanakan bergbagai program pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian dari implementasi hasil-hasil riset di perguruan tinggi. Salah satunya adalah dengan melakukan pendampingan pada pengrajin gula semut di Kecamatan Kokap, Kulonprogo. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai oleh Kementerian Ristekdikti bekerjasama dengan Universitas Janabadra.

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Hargorejo dan Hargowilis ini diketuai oleh Nurwiyanta, S.E., M.M. dengan anggota tim terdiri dari Dr. Eng. Mochamad Syamsiro dan Erni Umi Hasanah, S.E., M.Si. Program pendampingan ini meliputi aspek produksi berupa perbaikan kualitas produksi dan aspek manajemen meliputi keuangan, pemasaran dan SDM. Pendampingan aspek pemasaran dilakukan dengan mengembangkan websitewww.gulasemutjogja.com. Harapannya pemasaran dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia bahkan luar negeri.

Yang menjadi unggulan dari program PKM ini adalah perbaikan proses produksi khususnya di bagian pengayakan gula semut dengan mengganti proses pengayakan secara manual menggunakan mesin ayakan otomatis. Proses pengayakan ini sendiri bertujuan memisahkan gula semut berdasarkan ukuran butirannya. Dengan menggunakan mesin ayakan, kecepatan produksi dapat ditingkatkan menjadi lebih tinggi yang berdampak pada produktivitas hasil gula semutnya.

Menurut salah satu anggota tim yang juga Dosen Teknik Mesin UJB, Dr. Eng. Mochamad Syamsiro, mesin ini bekerja sangat efektif dan efisien, karena tidak lagi menggunakan tenaga manusia tetapi menggunakan listrik sebagai sumber penggeraknya. Jurusan Teknik Mesin UJB telah banyak mengembangkan mesin-mesin untuk mendukung industri kecil dan menengah (IKM) dalam rangka menghadapi persaingan global. Beberapa hasil riset laboratorium telah dicoba dikembangkan pada skala percontohan dan nantinya dapat menuju ke skala komersial.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *