Pekan Kreatif Mahasiswa Teknik Informatika

,

Selasa (15/05), Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Janabadra (UJB) menggelar Pekan Kreatif Mahasiswa Teknik Informatika dengan tema Pembuatan AlatPrototype Automatic. Perhelatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa semester dua prodi Teknik Informatika (TI) yang mengikuti mata kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer ini digelar digelar dilobby hallrektorat UJB untuk pertama kalinya.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud dari teori dan ilmu yang telah mereka dapatkan selama dua semester dan salah satu persyaratan untuk lulus mata kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer. Menurut Sofyan Lukmanfiandy, S. Kom., M. Kom, dosen TI sekaligus dosen pengampu mata kuliah tersebut Pekan Kreatif Mahasiwa TI ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan rasa bangga dan percaya diri kepada mahasiswa bahwa mereka mampu menciptakan sesuatu dari ilmu yang telah mereka dapatkan selama dua semester ini.

Kegiatan yang diikuti oleh 19 mahasiswa dibagi menjadi 9 kelompok (satu kelompok 2 orang) dan 1 individu ini menyajikan 10 alat karya mereka. Alat-alat tersebut antara lain : pendeteksi level air, pintu otomatis (bluetooth), jendela otomatis (kipas), pendeteksi api, alarm pencuri, jemuran otomatis, pintu otomatis berbasis sensor ultrasonik (individu), simulasitraffic light, jendela otomatis, dan sensor suhu.

Ketua panitia, Catur Budi berharap semoga ada kegiatan lain seperti ini yang bisa dikembangkan hingga lintas universitas dan hasil karya seperti ini bisa menjadi wujud dari skripsi mahasiswa, bukan hanya persyaratan lulus mata kuliah.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, Sofyan Lukmanfiandy, S. Kom., M. Kom yang juga salah satu pendiri prodi Teknik Informatika UJB ini berharap Pekan Kreatif Mahasiswa TI ini bisa digunakan sebagai sarana promosi universitas, khususnya prodi TI dan mahasiswa bisa lebih menguasai dasar-dasar keilmuan tentang ilmu informatika serta berani bersaing dengan kampus-kampus lain.(Humas UJB)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *