Seminar Bisnis Kolaborasi BEMNUS D.I.Y. dan BEM KBM UJB

,

Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara Wilayah DIY (BEMNUS D.I.Y.) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Janabadra Yogyakarta (BEM KBM UJB) Minggu 26 Mei 2024 menyelenggarakan Seminar Bisnis dengan tajuk “Strategi Manajemen Usaha bagi Mahasiswa Dalam Bidang UMKM sebagai Entrepreneur Muda”.

Menghadirkan dua pemateri Maharani Divaningtyas, S.E, B.S.C. selaku Womenprenuer Saliman Riyanto Group dan Luluk Ulwiyah selaku CEO CV Peko Peko Indonesia.

Dalam penyampaian materi, Maharani menyampaikan dalam melakukan bisnis ada tiga hal yang perlu dipahami terlebih dahulu. Pertama: harus paham terkait menejemen keuangan karena dalam bisnis apabila tidak dapat mengelola keuangan yang baik bisnisnya tidak akan berkembang. Kedua: harus paham terkait marketing baik itu dari segi cara berjualannya dan target marketnya atau target pembelinya. Ketiga: yang paling penting juga dalam bisnis adalah relasi/netwhorking karena relasi akan mempengaruhi juga dalam perkembangangan bisnis. Selain hal ini, seorang entrepreneur harus mempunyai jiwa konsisten, disiplin, inovasi menejemen/problem market dan yang terakhir harus selalu berdoa dan sedekah. Pemateri kedua Luluk menyampaikan bahwa dalam memulai bisnis, seorang entrepreneur harus melihat potensi pada diri sendiri karena melihat potensi diri merupakan hal penting untuk bagi yang ingin kemulai bisnis. Beliau juga berpesan, “lihatlah kantong kita secara finance jangan memaksakan diri mulailah dari bisnis kecil dan lakukan cecara konsisten jangan dulu memikirkan penghasilan yang besar. Disamping itu, disampaikan pula tiga strategi untuk mengenalkan produk baru yaitu: 1) Ngenalin ke target, 2) Eksekusi, dan 3) Mengolah dan/atau rawatlah customers yang sudan ada dan fokus pada mereka supaya tidak berpaling pada produk lain” pungkas Luluk.