Civitas Akademika UJB Rayakan Hari Pendidikan Nasional 2024

Kamis, 2 Mei 2024 Universitas Janabadra Yogyakarta (UJB) merayakan Hari Pendidikan Nasional dengan upacara bendera di halaman Kampus Pusat Jl. Tentara Rakyat Mataram No. 55-57 Yogyakarta. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh staf pengajar dan karyawan Universitas Janabadra Yogyakarta.

Upacara dimulai dengan pengibaran bendera Republik Indonesia dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya dan kemudian dilanjutkan oleh Mengheningkan Cipta. Suasana khidmat terasa saat Dr. Risdiyanto, S.T., M.T., Rektor Universitas Janabara Yogyakarta, membacakan teks Pancasila, yang dilanjutkan dengan pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 oleh petugas.

Dalam kesempatan upacara ini, rektor membacakan naskah pidato Nadiem Anwar Makarim Menteri Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud Ristek RI) dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024. Dalam naskah pidato tersebut disampaikan perjalanan selama lima tahun terakhir dalam memajukan pendidikan Indonesia melalui gerakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Tantangan besar dalam transformasi sistem pendidikan serta dampak pandemi yang memaksa perubahan drastis dalam proses belajar mengajar. Meskipun demikian, Mendikbudristek menyampaikan harapan akan perubahan yang terjadi, termasuk peningkatan kreativitas dan semangat belajar di kalangan anak-anak, guru, mahasiswa, dan pelaku seniman. Semua pihak diajak untuk terus bergotong-royong dalam melanjutkan gerakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka menuju perwujudan visi pendidikan yang lebih baik bagi Indonesia.

Dengan semangat kebersamaan dan komitmen untuk terus menghadirkan perubahan positif dalam dunia pendidikan, Universitas Janabara Yogyakarta berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam mewujudkan kualitas pendidikan yang lebih baik bagi bangsa dan negara. Semoga semangat Hari Pendidikan Nasional ini dapat terus menginspirasi kita semua untuk terus berkarya dan berinovasi demi masa depan Pendidikan Indonesia yang lebih cerah.