Workshop: Pemantapan Strategi Magang MBKM

BSIKD Universitas Janabadra selenggarakan workshop program hibah ISS-UJB Tahun 2023. Kegiatan diselenggarakan pada tanggal: 14 Agustus 2023, Waktu: 08:00 – 12:00 WIB bertempat di Ibis Style Hotel Yogyakarta.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh 30 orang peserta meliputi: Peserta dari DUDI (10 orang), Ketua Program Studi S1 di lingkungan Universitas Janabadra (8 orang), Kerjasama dan Humas Universitas Janabadra serta BSIKD Universitas Janabadra. Narasumber: Haryo Kusuma Wibawa, S.T., C.P.C. (Kepala Program MSIB DIKTI).

Kegiatan workshop diselenggarakan full day dengan agenda sbb:

Pembukaan oleh Dr. Risdiyanto, Rektor Universitas Janabadra. Dalam sambutannya Dr. Risdiyanto Menekankan pentingnya ketangguhan (agility) dalam mengantisipasi perubahan paradigma pembelajaran.

Paparan oleh Narasumber Haryo Kusuma Wibawa, S.T., C.P.C. (Kepala Program MSIB DIKTI) dengan topik:

 Pendidikan di PT belum sepenuhnya align dengan industri karena masih pada tataran adalah Basic Skill, ini harus diubah.

 Target lulusan memiliki gaji yang cukup dan layak harus 1,2 kali Upah Minimum Provinsi/Kabupaten/Kota (Indikator Kinerja Utama (IKU) 1).

 Mahasiswa harus diberikan kesempatan untu menempuh sebagian pemeblajaran di luar program studi termasuk magang, sesuai dengan IKU 2 yaitu jumlah mahasiswa belajar di luar prodi.

 Manfaat bagi DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri) adalah terciptanya ccademic connectivity, DUDI dapat dengan mudah mendapatkan best talent calon pegawai, curriculum alignment, dan budget saving terutama untuk traning dan rekrutmen.

 Keuntungan untuk mahasiswa yang terlibat magang juga dapat dirasakan dengan, rata-rata waktu tunggu mendapatkan pekerjaan 1,1 bulan, dengan gaji pertama 1,78 x UMR.

 Kunci sukses dari program magang adalah penerapan project/problem based learning.

 Langkah sukses program magang: kumpulkan daftar mitra, petakan den tetapkan project kerjasama (perlu diskusi bersama mitra), bantu calon mitra memetakan SDM masa depan, diskusi Learning Outcome termasuk hardskill dan softkill, perlu dibuat dashboard Internship Acceleration/Ecosystem Development Canvas.

Diskusi dengan DUDI tentang masukkan dari DUDI terutama adalah tentang syarat mahasiswa yang dapat magang, softskill yang diperlukan, dan prilaku mahasiswa saat magang dan semua DUDI sangat antusias dalam menerima program magang dari Universitas Janabadra. Diskusi Internal Program Studi tentang Prosedur Operasional Baku (POB) program magang yang dipandu oleh BSIKD Universitas Janabadra. Di penghujung acara, penutup oleh PIC pada Jam 15:00 WIB

Sumber berita:

Tresno S / Humas & Kerjasama UJB