INFORMATIKA UNIVERSITAS JANABADRA YOGYAKARTA GELAR EKSIBISI KARYA INOVASI MAHASISWA

Eksibisi karya inovasi mahasiswa Informatika Fakultas Teknik Universitas Janabadra Yogyakarta dari kelas Organisasi dan Arsitektur Komputer  menghadirkan teknologi Internet of Thing (IoT). IoT sebagai salah satu teknologi yang saat ini berkembang pesat yang menerapkan konsep mengacu pada jaringan yang terdiri dari objek fisik yang terhubung dengan internet dan memiliki kemampuan untuk saling berkomunikasi dan bertukar data. Dalam IoT, objek dapat berupa perangkat elektronik, sensor, peralatan rumah tangga, kendaraan, infrastruktur perkotaan, dan banyak lagi.
Mahasiswa Informatika Universitas Janabadra Yogyakarta sukses menciptakan perangkat berbasis IoT yang diimplementasikan dalam berbagai aplikasi kehidupan sehari hari diantaranya pendeteksi sampah organik & anorganik, pembersih debu di lantai, pendeteksi banjir, motorcycle security dan smart lock.

Kelas Technopreneur membekali mahasiswa menjadi seorang technopreneur mutiti talenta, berkreasi dengan manghasilkan berbagai platform :

1. HomeFix (Platform Tukang Online)
2. E Warung (Platform belanja online dari warung sekitar)
3. Animal Care (Platform belanja keperluan dan perawaran hewan peliharaan)
4. SiDoiNikah (Platform buat undangan nikah digital custom)
5. Virtual Reality
6. E Commerce Oleh Oleh Makanan Khas Jogja, Souvenir Jogja, Batik Nusantara, Kerajinan berbahan dasar kulit reptil.

“Diharapkan karya karya inovasi mahasiswa tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakat luas dan mampu membekali mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya dan meningkatkan daya saing di dunia kerja nantinya”, demikian ungkap Sofyan Lukmanfiandy SKom MKom selaku dosen pengampu.

Sumber berita : Fitri / Dekan FT UJB