KKN TEMATIK melalui Circular Economy menuju Bantul Zero Waste 2025

Setelah hampir dua tahun berturut turut pada masa Pandemi Covid 19 KKN Universitas Janabadra diselenggrakan secara online, kali ini Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023 LP3M UJB selenggarakan KKN Tematik secara offline dengan mengangkat tema “Melalui Circular Economy Menuju Bantul Zero Waste 2025”. Untuk mengawali kegiatan KKN Tematik tersebut, Sabtu (24/09/2022), Lembaga Penelitian Publikasi dan pengabdian pada Masyarakat Universitas Janabadra (LP3M UJB) melaksanakan pembekalan kepada para mahasiswa peserta KKN, dengan tujuan (1) Mendeskripsikan apa itu KKN Tematik; (2) Memberikan ilustrasi program program KKN; (3) Mendekatkan diri dengan teman kelompok KKN; dan (4) memotivasi mahasiswa menjalani KKN. 

Kegiatan pembekalan diselenggarakan satu hari penuh mulai dari pukul 09.00 – 16:00 WIB bertempat di Auditorium KPH Poerwokoesoemo Kampus Pusat Jl. TR Mataram 55 57 Yogyakarta. Melalui pembekalan ini peserta KKN diberikan berbagai materi pembekalan yang meliputi: (1) Pemberian informasi umum (General info) tentang KKN Tematik oleh Ketua LP3M UJB, Dr Erni Ummi Hasanah, SE MSi; (2) Pemberian informasi tentang lokus KKN yang berlokasi di Kapanewon Banguntapan kabupaten Bantul dan disampaikan oleh narasumber dari Bappeda Bantul Eni Kriswandari, SE MEc Dev.; (3) Teknologi pengolah sampah yang simpel dan mudah diterapkan oleh Dr Eng Mochammad Syamsiro, ST MT yang merupakan Pakar di bidang persampahan prodi Teknik Mesin UJB.; (4) Pembentukan dan pengelolaan Bank sampah oleh ibu Sri Rahayu, SE yang merupakan pegiat sampah kota Yogyakarta; (5) Sistem pelaporan KKN ke website LP3M disampaikan oleh Eri Haryanto, SKom MKom dari Prodi Teknik Informtika UJB; dan (6) Sistem penilaian KKN oleh Dr Untoro Budi Surono, ST MEng yang nerupakan Kabid Bidang Riset LP3M UJB.

Peserta KKN Tematik Semester Ganjil T.A 2022/2023 sebanyak 450 (empat ratus lima puluh) mahasiswa yang berasal dari berbagai empat fakultas dilingkungan UJB yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UJB), Fakultas Hukum (FH UJB), Fakultas Teknik (FT UJB) dan Fakultas Pertanian (FP UJB). Peserta KKN dibagi menjadi 46 kelompok yang masing masing kelompok beranggotakan 9 10 orang mahasiswa. KKN Tematik ini melibatkan Dosen pembimbing Lapangan (DPL) berjumlah 10 dosen yang masing masing akan mengawal sekitar 5 kelompok KKN. Lokasi KKN Tematik UJB Semester Ganjil ini, berada di Kapanewon Banguntapan yang disebar ke 6 (enam) kalurahan. Rangkaian acara pembekalan diselenggarakan dengan moderator Dr Drs Danang Sunyoto, SH SE MM Kabid Pengabdian pada Masyarakat LP3M UJB.