Penandatangan MoU antara Universitas Janabadra dengan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

,

Penandatangan MoU antara Universitas Janabadra dengan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dan MoA antara Fakultas Pertanian Universitas Janabadra dengan Fakultas Pertanian Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa – Dalam rangka menjalankan amanah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadie akarim dan tertera dalma Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, yaitu memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar program studinya, maka Universitas Janabadra (UJB) melakukan beberbagai macam kegiatan Kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi. Salah satunya adalah Kerjasama dengan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST). Penandatangan Kerjasama antara UJB dan UST dilakukan di Kampus Pusat UST. Dihadiri oleh kedua rektor, acara diawali dengan sambutan oleh Rektor UST Prof. Drs. Pardimin, M.Pd. Ph.D yang menegaskan bahwa UST dan UJB masih bersaudara karena merupakan sama sama Kampus Kebangsaan dan harus bekerjasama agar dapat saling memberikan manfaat. Dilanjutkan dengan sambutan singkat oleh Rektor UJB, Dr. Ir. Edy Sriyono, M.T. yang menyampaikan bahwa UJB telah siap melaksanakan MBKM dan mengajak UST untuk dapat berkerjasama. Acara penandatanganan Kerjasama juga dilanjutkan dengan paparan kesiapan melaksanakan MBKM oleh kedua belah pihak. Paparan kesiapan MBKM UJB disampaikan oleh Dr. Nindyo Cahyo Kresnanto, S.T., M.T. (Ketua Pusat Pengembangan Kompetensi UJB) yang menyampaikan bahwa saat ini UJB telah siap untuk memberikan kesempatan mahasiswa luar untuk dapat belajar di UJB dalam rangka MBK elalui mekanisme Learning Management System UJB, kelulusan mahasiswa dala elakukan kuliah akan dinyatakan dengan certificate of completion yang dapat diakui oleh perguruan tinggi mitra (disebut dengan proses transfer credit). Kesiapan melaksanakan MBKM di UST dipaparkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UST, Dr. Imam Ghozali M.Sc. Kedua belah pihak bersepakat untuk menjalin Kerjasama dan segera melaksanakan MBKM.
Setelah dilaksanakan penandatanganan oU dan penjelasan tujuan, misi serta harapan MBK asing masing perguruan tinggi baik UST maupun UJB dilanjutkan penandatanganan Kerjasama antar Fakultas / MoA mantara Fakultas Pertanian UJB dengan Fakultas Pertanian UST sebagai bentuk tindak lanjut dari MoU (tingkat universitas).
Dari kedua perguruan tinggi tersebut sangat berharapmdan berkeinginan saling berkelanjutan untuk bekerjasama antar fakultas yang lainnya. Pada kesempatan ini sebagai pemula diawali kerjasama Fakultas Pertanian.