Presentasi Hasil Riset Dosen Universitas Janabadra pada Konferensi Internasional Bidang Energi di Malaysia

Dalam rangka pengembangan akademik di kampus Universitas Janabadra, salah satu Dosen di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Janabadra (FT UJB) yaitu Dr. Eng. Mochamad Syamsiro menghadiri dan mempresentasikan makalahnya di International Conference on Sustainable Energy and Green Technology (SEGT) 2018 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia pada tanggal 11 14 Desember 2018. Acara ini diselenggarakan oleh University of Malaya, Malaysia bekerjasama dengan beberapa institusi internasional di bidang energi. Konferensi ini merupakan agenda rutin tahunan sebagai wadah para ahli di bidang energi khususnya energi terbarukan untuk bertemu dan berdiskusi membahas topik topik terkini di bidang energi terbarukan.

Pada konferensi kali ini, Dr. Syamsiro yang juga Wakil Rektor I UJB, mempresentasikan papernya berjudul Thermal degradation of polymers using combined screw melting and pyrolysis reactors to produce high quality liquid fuel . Makalah ini merupakan hasil penelitian yang telah dikerjakan di Laboratorium Bioenergi yang dimiliki Jurusan Teknik Mesin FT UJB dengan mendapatkan pendanaan dari Ristekdikti melalui skema Hibah Pascadoktor tahun 2017 2018. Pengembangan sumber sumber energi berbasiskan biomassa dan sampah adalah fokus dari riset yang dikembangkan di Lab. Bioenergi. Adapun pada presentasi hasil riset di Malaysia membahas mengenai pemanfaatan sampah plastik menjadi bahan bakar cair pengganti bensin dan solar melalui teknologi pirolisis yang dimodifikasi.

Teknologi pirolisis merupakan suatu sistem konversi termal pada suhu tinggi sekitar 500 derajat celcius. Pada kondisi tersebut, plastik akan terdekomposisi menjadi fraksi yang lebih ringan yaitu bahan bakar cair. Dengan konsep ini diharapkan sampah sampah plastik yang ada di sekitar kita bisa dimusnahkan dengan teknologi ini sekaligus mendapatkan tambahan hasil berupa bahan bakar cair. Keikutsertaan pada konferensi ini merupakan bagian dari upaya diseminasi hasil hasil penelitian dosen FT UJB sebagai bentuk sumbangsih ilmu pengetahuan kepada masyarakat dan inovasi hasil karya dosen untuk mendukung pengembangan energi terbarukan di Indonesia. Acara ini dihadiri ratusan peserta dari berbagai negara yang masing masing juga mempresentasikan hasil hasil risetnya. Selain itu, keikutsertaan ini juga dalam rangka meningkatkan jumlah publikasi dosen FT UJB di jurnal internasional, khususnya yang terindeks Scopus. Dengan demikian, Indonesia akan semakin dikenal di dunia internasional khususnya di bidang energi terbarukan.