Pembukaan Kuliah tahun Akademik 2017/2018

Kuliah umum bagi mahasiswa baru Universitas Janabadra diselenggarakan pada HARI Senin, tanggal 4 September 2017 yang diikuti oleh lebih dari 1000 mahasiswa baru. Acara yang diselenggarakan di Auditorium KPH Purwokusumo Kampus Kebangsaan Universitas Janabadra dibuka oleh Rektor Universitas Janabadra Ir. Cungki Kusdarjito, MP.,PhD.

Tema kuliah umum kali ini adalah :Tata Kelola Sektor Energi di Indonesia yang disampaikan oleh Dr. Deendarlianto S.T., M.Eng, Kepala Pusat Studi Energi UGM , Doctor, Macro Control Engineering Division, Graduate School of Engineering, The University of Tokushima, Japan, dengan moderator Mochamad Syamsiro., Dr. Eng., Lulusan Tokyo Institute of Technology, Japan dosen tetap Teknik Mesin Universitas Janabadra,

Alasan Universitas Janabadra mengangkat tema tersebut dalam kuliah umum kali ini adalah seiring dengan upaya strategis untuk mendorong energi terbarukan di Indonesia, penggalakkan kampanye hemat energi dan konservasi Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Indonesia harus sudah memulai menerapkan energi terbarukan untuk pengembangan energi ke depan Hal ini sangat sebanding dengan manfaat yang akan dapatkan. Karena itu investasi sangat penting dalam memulai pemanfaataan energi terbarukan ini.

Dalam kuliahnya Dr. Deendarlianto mengingatkan potensi besar yang dimiliki Indonesia untuk energi baru dan terbarukan (EBT) mulai darigeothermal, solar, biomass, hidro, wind, , liquefaction coal dan banyak lagi.

Diharapkan dari kuliah umum tersebut mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang penggunaan EBT, Mahasiswa baik dari program studi teknik mesin, teknik sipil dan teknik informatika maupun program studi ilmu hukum, ekonomi managemen, akutansi, studi pembangunan bahkan agrotek dapat mengkaji EBT dari sisi keteknikannya, regulasi, perizinan hingga penggalakkan energi dan konservasi lingkungan. (Humas UJB)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *