Kuliah Tamu Pengembangan Bioenergi dari Zhejiang University of Technology, Tiongkok

Pengembangan Bioenergi di Indonesia terus menggeliat dan menjadi perhatian cukup serius dari pemerintah. Bioenergi bisa menjadi salah satu opsi energi terbarukan untuk menggantikan energi fosil yang akan habis dalam beberapa puluh tahun ke depan. Demikian yang mengemuka dalam Kuliah Tamu yang disampaikan oleh Dr. Eng. Bayu Prabowo dari Zhejiang University of Technology, Tiongkok. Dr. Bayu Prabowo yang saat ini menjadi Postdoctoral Researcher di Institute of Energy and Power Engineering, Zhejiang University of Technology memberikan kuliahnya mengenai pengembangan bioenergi di Indonesia dan Tiongkok. Acara ini berlangsung pada hari Rabu (16/12/2015) yang lalu dan bertempat di Ruang Kuliah Fakultas Teknik Universitas Janabadra Kampus Pingit Yogyakarta.

Dr. Bayu merupakan rekan dari salah satu dosen di Jurusan Teknik Mesin yaitu Dr. Eng. Mochamad Syamsiro selama menempuh studinya di Jepang. Beliau yang merupakan alumni ITB dan Tokyo Institute of Technology, Jepang ini sudah satu tahun berada di Tiongkok untuk melakukan riset mengenai pemanfaatan sewage sludge sebagai salah satu bahan bakar alternatif. Ada bermacam-macam jenis bioenergi yang bisa dikembangkan di Indonesia seperti biodiesel, bioetanol, pellet biomassa, biogas, syngas gasifikasi dan lain-lain. Yang cukup menarik adalah mengenai konsep pengembangan carbon negative power generation dimana karbondioksidanya dimanfaatkan dalam proses gasifikasi dan juga disimpan di dalam perut bumi melalui proses penginjeksian. Sehingga diharapkan emisi karbondioksida dapat dikurangi seminimal mungkin.

Dalam kuliah yang dimoderatori oleh Dr. Syamsiro ini, respon mahasiswa cukup bagus dengan banyaknya pertanyaan pada sesi diskusi. Harapan ke depannya ada kerjasama antara Jurusan Teknik Mesin Universitas Janabadra dengan Zhejiang University of Technology untuk pengembangan bioenergi termasuk di dalamnya adalah waste to energy. Beberapa waktu lalu juga sudah ditandatangani Letter of Intent (LoI) antara Jurusan Teknik Mesin UJB dan Zhejiang University of Technology mengenai pemanfaatan limbah sludge menjadi bahan bakar alternatif dan kedepannya dapat meningkat menjadi MoU sehingga kolaborasi riset ini dapat terus berlanjut dan bermanfaat bagi bangsa Indonesia.