...

Agribisnis

Universitas Janabadra

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS

 

Program Studi Agribisnis pada Fakultas Pertanian Universitas Janabadra Yogyakarta berstatus "TERAKREDITASI " dengan peringkat "A" berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi  Nasional Perguruan Tinggi No:1684/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018

 

VISI PROGRAM STUDI AGRIBISNIS

Menjadi Program Studi Agribisnis  berkualitas yang unggul di bidang pertanian berkelanjutan  pada Tahun 2025 pada tingkat nasional..

 

MISI PROGRAM STUDI AGRIBISNIS

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sumberdaya  manusia yang mempunyai etos kerja tinggi dan berjiwa kewirausahaan di bidang  agribisnis.
  2. Mengembangkan dan menerapkan IPTEK di bidang agribisnis untuk mewujudkan pertanian berkelanjutan, kedaulatan pangan, dan kesejahteraan masyarakat.

 

 

TUJUAN PROGRAM STUDI AGRIBISNIS

  1. Menghasilkan lulusan yang berkemampuan akademik , memiliki jiwa kewirausahaan (sociopreneirship, entrepreneurship,  dan technopreneurship) bidang agribinis serta beretika.

Lulusan memiliki kemampuan soft skill  (mampu bekerjasama, berempati dan berkreasi dan mempunyai agility untuk menghadapi perubahan yang sangat cepat di era industri 4.0

 

  1. Menghasilkan  penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi pengembangan IPTEK di bidang agribisnis.

Khususnya untuk mewujudkan sustainable development goals dan menyongsong industri 4,0 melalui pengembangan smart agriculture, urban agriculture, big data analytics, ekonomi sirkuler, global value chain

 

 

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI AGRIBISNIS

Profil lulusan Program Studi Agribisnis meliputi:

  1. Manajer adalah orang yang bekerja dan bertanggung jawab pada perusahaan agribisnis dengan mengkoordinasikan kegiatan guna mencapai tujuan organisasi.
  2. Pengusaha adalah orang yang memiliki kemampuan dalam memanfaatkan peluang di bidang agribisnis sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.
  3. Fasilitator/Agen Pengembang Agribisnis adalah orang yang memiliki kemampuan untuk mengenali permasalahan di bidang agribisnis, mengevaluasi dan memberikan solusi pemecahannya.
  4. Peneliti adalah orang yang melakukan aktivitas dengan menggunakan metode ilmiah dalam memperoleh dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menyelesaikan permasalahan di bidang agribisnis.

 

 

DOSEN

Program studi Agribisnis didukung oleh dosen-dosen yang berkualitas akademik di bidangnya yang berpendidikan Doktor dan  S2 (UGM, IPB, UQ-Australia, Unsoed, UNS). Perkuliahan juga dilakukan oleh dosen tamu yang merupakan praktisi agribisnis maupun ekonom, baik di pemerintahan maupun dari kalangan swasta.

 

 

LAMA STUDI

Untuk menyelesaikan Jenjang Sarjana S1 Fakultas Pertanian Janabadra Yogyakarta, mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Janabadra dapat menyelesaikan studinya dalam waktu kurang dari 4 tahun.

 

Dibaca: x