...

Ekonomi Manajemen

Universitas Janabadra

Profil Manajemen


Sejarah Singkat

  • Kurikulum program S-1 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra dirancang berdasarkan Kurikulum Nasional, tanpa mengabaikan standar internasional. Peninjauan materi kurikulum dilakukan setiap 2 tahun untuk selalu memperhatikan kebutuhan "users" dan perubahan lingkungan yang begitu cepat dalam era Millenium baru ini. Kurikulum Program Studi Manajemen juga dilengkapi dengan berbagai praktikum dengan berbagai laboratorium pendukung, seperti laboratorium komputer, laboratorium internet, dan laboratorium kewirausahaan. Sedangkan dalam rangka "Link and Match" serta pengembangan wawasan mahasiswa, diselenggarakan kuliah kunjungan di perusahaan-perusahaan dan klinik kewirausahaan.

 

Masa Studi

  • Jumlah SKS yang harus ditempuh untuk menyelesaikan studi di Prodi Manajemen 144 SKS dalam waktu tempuh normal 4 tahun.

 

Kuliah  Kunjungan  Lapangan

  • Untuk       memberikan       gambaran keilmuan  dan  pemahaman    tentang kegiatan  perusahaan  sesungguhnya, Kuliah  Kunjungan Lapangan  (KKL) diselenggarakan dengan mengunjungi perusahaan-perusahaan Swasta maupun BUMN / BUMD dengan diskusi interaktif

 

Laboratorium Komputer dan  Internet

  • Untuk     memberikan      pemahaman, kemampuan penguasaan software dan alat analisis  pendukung  pengambilan keputusan manajerial  serta mengikuti perkembangan keilmuan, Prodi  Manajemen menyediakan fasilitas Laboratorium Komputer dan Internet

Visi Program Studi Manajemen

  • Menjadikan Prodi Manajemen yang unggul dalam meluluskan sarjana ekonomi yang profesional dan berwawasan kebangsaan tahun 2025.

Misi Program Studi.

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang dijiwai oleh Pancasila dan UUD 1945.
  2. Membentuk peserta didik menjadi pioneer pembangunan yang berkemampuan akademik dan atau profesional demi kesejahteraan manusia.
  3. Menyelenggarakan manajemen program studi yang bermutu nasional.

 

Tujuan Program Studi.

 Tujuan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang professional berdasarkan nilai–nilai kebangsaan berjiwa kewirausahaan, inovatif dibidang ilmu manajemen, dan mampu bersaing dalam dunia kerja.
  2. Menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat bagi pengembangan  ilmu Manajemen.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada Masyarakat yang bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  4. Terwujudnya tatakelola Program Studi bersih dan baik serta terlaksananya kerja sama ditingkat nasional.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Berdasarkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh Program Studi Manajemen Universitas Janabadra, maka untuk mewujudkan visi: 

Menjadikan Prodi Manajemen yang Unggul Dalam Meluluskan Sarjana Ekonomi yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan tahun 2025.

akan ditempuh melalui tiga tahap. Pada setiap tahapan memiliki prioritas dan penguatan bagi pertumbuhan tahapan berikutnya sehinga terjadi perkembangan yang berkelanjutan hingga pada tahun 2025 visi program studi sudah tercapai. Tahapan-tahapan dimaksud ditampilkan pada gambar 1.1 pada halaman berikut ini. Pada setiap tahapan perkembangan yang akan diwujudkan ditetapkan sasaran serta strategi pencapaiannya yang kemudian ditingkatkan pada setiap tahapan berikutnya sehingga terjadi perbaikan yang berkelanjutan menuju terciptanya visi program studi di tahun 2025. Tabel 1.1 berikut ini memuat sasaran dan strategi tahap I dan II yang masing-masing tahapannya akan dievaluasi untuk menentukan sasaran serta strategi pencapaiannya pada tahapan berikutnya.

Profil Alumni       

Alumni bekerja bekerja pada berbagai bidang, seperti pada : Perbankan, BEJ, Asuransi, Industri Manufactur, Indosat, Konsultan, dan perusahaan swasta lainnya, juga lembaga pemerintah seperti, Telkom, Pertamina, Bank, PLN, PDAM, PT, KAI, Pemda / PemKab, dsb. Sebagian terjun didunia Bisnis yang bergerak diberbagai bidang seperti, Furniture, Pengembang, Perdagangan Umum, Rumah Potong Ayam, Jasa Internet, Perdagangan Valuta Asing, Even Organizer, Transportasi / kapal antar pulau, Computer, Cyber Marketing, dll

 

Dibaca: 3554x