...

Berita

Universitas Janabadra

Kuliah Umum Fakultas Pertanian Ujb


Kuliah Umum Fakultas Pertanian UJB

Pada hari Selasa, 19 Februari Pukul 09.00 WIB telah dilaksanakan Kuliah Umum dari Ibu Rita Meilinawaty yang merupakan mentor for youth movement. Kuliah umum membahas topik Peningkatan Kapasitas Calon Wirausaha Tani Muda untuk Mendukung SDGs 2030. Acara diawali dengan perkenalan profil Ibu Rita Meilinawaty yang disampaikan oleh Ir. Cungki Kusdarjito, M.Sc., Ph.D sebagai moderator.

Ibu Rita Meilinawaty adalah lulusan The Rockies College, Broadcasting Management, Fernie British Colombia, Canada. Ia aktif menjadi konsultan, media coordinator, dan komunikasi. Pemaparan oleh Ibu Rita Meilinawaty dimulai dari penjelasan mengenai misi masyarakat ASEAN tahun 2025. Ia juga menjelaskan mengenai bagaimana cara menjadi wirausahatani muda. Untuk menjadi wirausahatani muda harus memehamai beberapa hal sebagai berikut : upaya untuk mengentaskan kemiskinan; menciptakan lapangan kerja yang luas melalui kewirausahaan, kreativitas dan inovasi pengembangan, UMKM dan akses modal, mengelola SDA secara efisien; mengelola/memanfaatkan ekosistem air dan daratan; serta menguatkan potensi sumber pendapatan. Sebuah contoh yang ia kemukakan mengenai Pulau Berkebun, Pulau Pahawang Palembang, Pondok Meja, Tanjung Pasir. Di wilayah itu telah diperkenalkan dan dikembangkan hidroponik yang merupakan inovasi produk untuk membantu mengatasi kekurangan nutrisi di pulau tersebut. Strategi bisnis, model bisnis dan pemasaran dikonsep sedemikian rupa sehingga mampu menjadikan generasi muda memiliki jiwa entrepreneur. Tak hanya itu, Kawasan Cimatupang Garut juga dijadikan sebagai lokasi Eco tourism dengan menggerakkan para pemuda yang ada disana.

Usai pemaparan, dilakukan sesi diskusi dengan membuka beberapa pertanyaan agar penjelasannya lebih dipahami oleh para peserta. Acara kuliah umum dihadiri oleh 65 peserta dari berbagai civitas akademik Fakultas Universitas Janabadra. Acara diakhiri dengan pemberian sertifikat dan souvenir kepada Ibu Rita Meilinawaty sebagai Dosen Tamu Kuliah Umum yang diberikan oleh Ibu Retno Lantarsih sebagai Ketua Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Janabadra. Setelah pemberian sertifikat dan cinderamata, acara ditutup dengan foto Bersama pimpinan, panitia, dan beberapa peserta yang hadir.

 

 

Dibaca: 129x

Info Akademik

Sehubungan banyaknya kasus penipuan yang mengatasnamakan pimpinan dan lembaga di lingkungan Universi [..]

Selengkapnya

by Admin | 17 Dec 2018

Universitas Janabadra menerima pendaftaran Bidikmisi untuk program Studi berikut di bawah ini : [..]

Selengkapnya

by Admin | 25 Apr 2018

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Melalui Bidik Misi Universitas Janabadra Tahun 2016 [..]

Selengkapnya

by Admin | 13 Jul 2016

Agenda

Nov
19

Pendaftaran Pelatihan Membuat Game Tingkat Sma/smk/ma Sederajat Biaya Gratis

Laboratorium Komputer Teknik Informatika Universitas Janabadra

Selengkapnya

Apr
29

Wisuda Sarjana & Pascasarjana Periode April 2017

Auditorium Kph Purwokusumo Universitas Janabadra

Selengkapnya