...

Berita

Universitas Janabadra

Kuliah Umum Upaya Pemerintah Diy Dalam Melibatkan Perguruan Tinggi Mewujudkan Jogja Smart Province


KULIAH UMUM UPAYA PEMERINTAH DIY DALAM MELIBATKAN PERGURUAN TINGGI MEWUJUDKAN JOGJA SMART PROVINCE

Fakultas Teknik Universitas Janabadra –Hari Senin tanggal Sebelas Februari tahun dua ribu Sembilan belas bertempat di Auditorium KPH Poerwokoesoemo Universitas Janabadra, Fakultas Teknik mengadakan Kuliah Umum dengan tema “Upaya Pemerintah DIY Dalam Melibatkan Perguruan Tinggi Mewujudkan Jogja Smart Province dengan pembicara Dr. Sayuri Egaravanda, S.Kom, M.Eng. selaku TIM Pengembangan Jogja Smart Province. Konsep Jogja Smart Province sendri merupakan pendekatan kreatif dan inovatif dari Pemerintah DIY dan setiap kelompok pemangku kepentingan dalam penyelesaian isu strategis dan/atau pengembangan sektor unggulan DIY melalui optimalisasi pendayagunaan teknologi, integrasi data, dan kolaborasi antar wilayah untuk mengakselerasi terwujudnya kehidupan masyarakat Jogja yang lebih sejahtera, sehat, nyaman, dan aman.

Konseptualisasi Jogja Smart Province Dalam Tata Kelola Data Dan Kolaborasi Informasi meliputi Konsepsi JSP (Konsepsi Jogja Smart Province yang terdiri dari Integrasi Data dan Kolaboratif antar wilayah),Unsur JSP (Pengembangan Jogja Smart Province merupakan gabungan dari aspek kebijakan, leadership, proses dan budaya organisasi), Paradigma JSP (Dibutuhkan pergeseran paradigma (paradigm shift) dari Data ownership menjadi Data stewardship, artinya personil yang menangani data dan informasi akan memberikan nilai yang jauh lebih besar ketika orientasinya tidak pada memiliki data dan informasi tapi melayani stakeholder untuk memberikan kualitas data dan informasi terbaik), Pemangku Kepentingan (Model Kolaborasi melibatkan semua elemen masyarakat yang menggunakan teknologi informasi untuk membantu masyarakat berpartispasi secara aktif dalam proses pembangunan).

Lima elemen model kolaborasi adalah Akademik, Bisnis, Pemerintah, Media dan Komunitas. Perguruan Tinggi sebagai salah satu Pemangku Kepentingan Jogja Smart Province mempunyai peranan penting dalam pelaksanaan Edukasi, Standarisasi produk, Sertifikasi keahlian dan SDM. Menurut Dr. Sayuri Egaravanda, S.Kom, M.Eng. mahasiswa diharapkan bisa memberikan ide-ide kreatif dalam mengembangkan Jogja Smart Province  yang nantinya akan difasilitasi oleh PEMDA DIY dalam penyediaan Platform Android. Disamping itu mahasiswa juga dapat menyumbangkan

 

 

Dibaca: 155x

Info Akademik

Sehubungan banyaknya kasus penipuan yang mengatasnamakan pimpinan dan lembaga di lingkungan Universi [..]

Selengkapnya

by Admin | 17 Dec 2018

Universitas Janabadra menerima pendaftaran Bidikmisi untuk program Studi berikut di bawah ini : [..]

Selengkapnya

by Admin | 25 Apr 2018

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Melalui Bidik Misi Universitas Janabadra Tahun 2016 [..]

Selengkapnya

by Admin | 13 Jul 2016

Agenda

Nov
19

Pendaftaran Pelatihan Membuat Game Tingkat Sma/smk/ma Sederajat Biaya Gratis

Laboratorium Komputer Teknik Informatika Universitas Janabadra

Selengkapnya

Apr
29

Wisuda Sarjana & Pascasarjana Periode April 2017

Auditorium Kph Purwokusumo Universitas Janabadra

Selengkapnya