Info Akademik

Hibah Bina Desa 2016 Hm Teknik Sipil Ujb Hasilkan Apresiasi Positif Dari Reviewer Ristekdikti

  • 19 November 2016
  • 3432





Pada Kamis, 17 Nopember 2016 di STMIK Amikom Yogyakarta Tim PHBD Mahasiswa Teknik Sipil UJB melakukan presentasi laporan kemajuan pada monitoring evaluasi (monev) ekternal dari Belmawa Ristek Dikti. Reviewer memberikan apresiasi poritip dan nilai baik pada kemajuan yang diraih oleh Tim PHBD Mahasiswa Teknik Sipil UJB.

Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UJB  pada tahun ini melalui Tim Program Hibah Bina Desa telah memenangkan hibah pada tahun 2016 ini dengan mengusung tema besar  "Sipil Membangun Desa (SimBaDes)".
Program yang diajukan adalah "Desa Binaan Berbasis Pendampingan Pembangunan Infrastruktur Desa : PAS (Penampungan Air Sumur) sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih Masyarakat Dusun Tengklik, Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul".
Tim PHBD terdiri dari Haris Riswanto sebagai Ketua, dengan 4 anggota yang terdiri dari Andri Yulanto (15310059), Olavio D. Da Costa (14310018), Pujianto (14310103), dan Septri Farhani (14310144).




Sampai Nopember ini program sudah berjalan 75 %, masih berjalan finishing PAS utama dan bangunan cabang/bagi di 2 titik. Harapan dari program ini adalah pembangunan PAS yang dapat bermanfaat dan membantu masyarakat Dusun Tengklik dalam mendapatkan air bersih, sekaligus pemberdayaan masyarakat dalam operasional pengelolaan dan perawatan bangunan.





Berikutnya dapat mendorong pemerintah daerah dalam memenuhi kebutuhan bangunan pendistribusian agar penampungan air sumur dapat melayani masyarakat lebih merata dan lebih banyak dengan menganggarkan dana pembangunan PAS di dusun Tengklik, sehingga program dilaksanakan dengan dana PHBD Ristek Dikti ini dapat berkelanjutan dalam pemanfaatan dan penambahan bangunan.


--------------------------------------------------
Titiek Widyasari
Program Studi S-1 Teknik Sipil
Fakultas Teknik Universitas Janabadra

Dibaca : 3432