...

Berita

Universitas Janabadra

Pidato Ilmiah Puncak Dies Natalis Ke- 58 Ujb Yogyakarta


Pidato Ilmiah Puncak Dies Natalis Ke- 58 UJB Yogyakarta

             Jumat kliwon  tanggal 7 Oktober 2016 merupakan momen yang penting bagi Universitas Janabadra Yogyakarta ( UJB ) sebagai puncak acara Dies Natalis Ke-58 yang diselenggarakan di Auditorium KPH Poerwokoesoemo di jalan Tentara Rakyat Mataram 55-57 Yogyakarta. Pidato ilmiah kali ini dengan tema Mewujudkan Kemandirian Pangan dan Pertanian Melalui Peningkatan Produktifitas manusia Bersumberdaya Oleh Dr. Bayu Krisnamurthi, M,Si, Kepala Badan Pengelola Dana Perkebunan Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00 hingga pukul 11.00 WIB yang dihadiri oleh seluruh civitas akademika UJB terdiri dari Dosen, karyawan, pegawai purna tugas , alumni, Mahasiswa dan tamu undangan.

             Menurut Bayu konsep kemandirian pangan dan pertanian dalam kurun waktu 10 hingga 15 tahun kedepan maka negara Indonesia akan memperoleh keuntungan demografis dengan mayoritas penduduk pada usia tingkat muda dan perlu membutuhkan nilai gizi yang baik, sehingga sepuluh tahun kedepan peluang maupun tantangan pertanian akan didominasi oleh timbulnya permintaan dan kebutuhan terhadap pangan serta produk pertanian yang semakin besar.

             Untuk menghadapi masalah tersebut maka harus ada evaluasi total terhadap program pembangunan pertanian saat ini, perlu pengembangan program baru yang sesuai dengan kebutuhan. Dan program dukungan dalam bentuk subsidi harga pokok, khususnya subsidi pupuk, bibit,dan program serupa perlu dievaluasi ulang.

            Keseluruhan pemikiran itu memerlukan manusia bersumber daya handal diberbagai tingkatan dan pekerjaan. Hal ini merupakan tanggung jawab perguruan tinggi untuk mengembangkannya. Apabila pertanian berkembang baik maka akan selalu berdampak positip bagi perkembangan ekonomi secara keseluruhan. Dan sebaliknya jika petani terganggu  maka ekonomi Indonesia secara keseluruhan juga dapat terpengaruh. Pembangunan pangan dan pertanian di Indonesia menghadapi  tantangan yang tidak ringan. Tantangan datang dari permintaan. Riset dan pengembangan perlu dilakukan untuk membantu para petani menghadapi perkembangan yang terjadi .

             Ditegaskan Rektor Universitas Janabadra Yogyakarta Dr.Suharjanta, MSCE mengajak semua pihak terutama civitas akademika UJB agar berbenah untuk bangkit mewujudkan kinerja dalam upaya menyempurnakan citra UJB di tingkat  Nasional  dan kinerja penyempurnan citra tersebut memiliki jangkauan global sehingga UJB berdiri sejajar dengan Perguruan Tinggi Nasional lainnya.      

 

 

 

Dibaca: 2169x

Info Akademik

PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA VIDEO KREATIF  “AYO KULIAH DI UJB”  UNIVERSITAS JAN [..]

Selengkapnya

by Admin | 7 Aug 2021

Dengan adanya mengurangi dampak penularan COVID-19, maka Universitas Janabadra telah memberikan laya [..]

Selengkapnya

by Admin | 16 Nov 2020

PERSYARATAN KHUSUS BERKAS YANG DILENGKAPI CALON YANG LULUS TAHUN 2020 Formulir pendaftaran [..]

Selengkapnya

by Admin | 12 Aug 2020