...

Berita

Universitas Janabadra

Kuliah Umum Teknologi Otomotif Bersama Prof. Horizon


Kuliah Umum Teknologi Otomotif bersama Prof. Horizon

Perkembangan teknologi otomotif berkembang begitu pesat seiring dengan kebutuhan manusia akan kenyamanan, kecepatan dan efisiensi. Untuk itulah, Jurusan Teknik Mesin Universitas Janabadra (JTM-UJB) mengadakan Kuliah Umum dengan tema Teknologi Otomotif Masa Kini yang menghadirkan pembicara Prof. Dr. Horizon Walker Gitano Briggs dari Focus Applied Technologies, Penang, Malaysia. Sebelumnya Prof. Horizon yang berkewarganegaraan Amerika ini adalah guru besar di School of Mechanical Engineering, Universiti Sains Malaysia. Acara ini dimoderatori oleh Dr. Eng. Mochamad Syamsiro, Dosen di Jurusan Teknik Mesin UJB sekaligus rekan dari Prof. Horizon semasa di Malaysia.

Kuliah umum berlangsung pada tanggal 29 September 2016 di Ruang Executive Kampus UJB Pingit dan dimulai dengan acara pembukaan oleh Rektor UJB, Dr. Ir Suharjanto, MSCE. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya kerjasama Jurusan Teknik Mesin UJB dengan dunia industri khususnya dengan pihak luar negeri, seiring dengan dimulainya era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dimana lulusan Teknik Mesin UJB harus dapat berkompetisi di level ASEAN dengan Negara tetangga seperti Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Dalam kuliah umumnya, Prof. Horizon menyampaikan materi terkait dengan perkembangan teknologi otomotif di dunia, sesuai dengan aktivitas riset beliau yang menekuni bidang automotive engine. Focus Applied Technoligies sendiri saat ini menjadi official partner untuk kegiatan Shell Eco Marathon Competition yang diadakan tiap tahun dengan lokasi berpindah-pindah di beberapa negara. Dengan kuliah umum ini, diharapkan Jurusan Teknik Mesin UJB dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut di tahun-tahun mendatang.

Pada bagian akhir kuliah umum, dilanjutkan dengan demo uji mesin menggunakan dynamometer dan peralatan lainnya untuk melihat performa terbaik dari mesin. Setelah kuliah umum ini, akan diadakan kerjasama antara JTM-UJB dengan Focus Applied Technologies untuk mengadakan training, sehingga kedepan JTM-UJB dapat menjadi training center untuk bidang otomotif ini. Disamping itu, kerjasama riset juga akan dikembangkan untuk mengoptimalkan potensi sumber daya yang dimiliki JTM-UJB.

 

 

Dibaca: 2297x

Info Akademik

PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA VIDEO KREATIF  “AYO KULIAH DI UJB”  UNIVERSITAS JAN [..]

Selengkapnya

by Admin | 7 Aug 2021

Dengan adanya mengurangi dampak penularan COVID-19, maka Universitas Janabadra telah memberikan laya [..]

Selengkapnya

by Admin | 16 Nov 2020

PERSYARATAN KHUSUS BERKAS YANG DILENGKAPI CALON YANG LULUS TAHUN 2020 Formulir pendaftaran [..]

Selengkapnya

by Admin | 12 Aug 2020