Info Akademik

Dr. Risdiyanto St Mt Dilantik Sebagai Rector Ujb Masa Bakti 2023-2027

  • Admin
  • 09 Januari 2023
  • 165

Hari ini Senin (9 Januari 2023) telah dilantik Dr Risdiyanto, ST MT sebagai rektor Universitas Janabadra Masa Bakti 2023 – 2027. Upacara pelantikan dihadiri oleh para dosen dan karyawan Universitas janabadra serta para tamu undangan para mitra dari perguruan tinggi lain maupun lembaga/institusi baik swasta maupun pemerintah.

Upacara pelantikan rektor Universitas Janabadra Masa Bakti 2023 – 2027 dilakukan di Gedung Auditorium KHP Mr Soedarisman Porwoekoesoemo Kampus Pusat, Jl Tentara Rakyat Mataram 55-57 Yogyakarta oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Janabadra Drs Suryadiman SE MM disaksikan oleh seluruh hadirin. Selesai prosesi pelantikan dilanjutkan sambutan-sambutan. Sambutan pertama oleh Prof. Dr. dr. Sutaryo, Sp.A., selaku Pembina Yayasan Perguruan Tinggi Janabadra. Dalam sambutannya Prof Sutaryo Kembali mengingatkan akan pesan pendiri KPH Soedarisman Poerwokoesoemo yang disampaikan 3 Juli 1087 sebagai berikut:  “Kepada siapapun yang mengelola Universitas Janabadra, baik sebagai pengurus Yayasan, maupun sebagai Pimpinan Universitas, Fakultas dan Lembaga, semua dosen , baik yang dosen Negeri atau dosen Yayasan, yang bekerja di lingkungan Universitas Janabadra, juga para mahasiswa dan alumni, dan para karyawan, untuk mengembangkan Universitas Janabadra, sesuai dan selaras dengan identitas Universitas Janabadra”.

 

Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D. Kepala LLDIKTI Wilayah V dalam sambutannya menyampaikan bahwa rektor dan pimpinan UJB periode sebelumnya telah membawa UJB meraih berbagai prestasi. UJB telah terakreditasi institusi B oleh BAN PT. Dari total 11 program studi di UJB, sebanyak 2 program studi sudah terakreditasi A, 2 program studi telah terakreditasi Baik Sekali pada tahun 2022, 6 program studi terakreditasi B dan 1 program studi terakreditasi Baik. Dalam bidang kerjasama, UJB juga telah bermitra dengan berbagai institusi dan dari data laporankerma.kemdikbud.go.id tercatat 74 Memorandum of Understanding dan 48 Memorandum of Agreement yang telah dilakukan UJB. 

 

Pada kesempatan ini, Prof Aris mengapresiasi UJB yang telah berperan aktif dan mendukung program-program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam rangka transformasi perguruan tinggi melalui kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Mengapresiasi UJB yang terus mendukung program Kartu Indonesia Pintar Kuliah yang merupakan komitmen Pemerintah Indonesia melalui Kemendikbudristek dalam memberi kesempatan kepada lulusan SMA, SMK, MA atau sederajat yang mempunyai potensi akademik baik tetapi mempunyai keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Tercatat total kuota bantuan program Kartu Indonesia Pintar Kuliah Tahun 2022 kepada UJB sejumlah 35 mahasiswa. 

Secara khusus, ucapan selamat disampaikan kepada UJB atas keberhasilan mendapatkan 2 Penghargaan Anugerah DIKTIRISTEK 2022. Penghargaan pertama Terbaik 3 SPADA AWARDS Kategori Perguruan Tinggi dengan Konstribusi Mata Kuliah Terbanyak Tahun 2022 dan Penghargaan kedua Bronze Winner Kategori Perguruan Tinggi Subkategori Pelaksana Terbaik-PKKM 2022-PKKM Liga 3. “Kepada Dr Risdiyanto, sebagai Rektor UJB yang baru untuk masa bakti 2023 - 2027, baik atas nama pribadi maupun atas nama LLDIKTI Wilayah V, perkenankan saya mengucapkan selamat mengemban amanah dan selamat bertugas”, demikian disampaikan Kepala LLDIKTI Wilayah V tersebut.

Lebih lanjut ditegaskan bahwa sebagai lembaga pendidikan, UJB telah menunjukkan komitmen dalam memberikan kualitas pendidikan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Perlu dilakukan upaya optimal agar mahasiswa dapat menjalankan proses belajar mengajar terbaik dalam rangka mencapai standar kualitas antara lain menyiapkan mahasiswa sebagai sumber daya manusia kreatif dan dinamis, baik dari segi kemampuan akademis, teknis, maupun keterampilan komunikasi interpersonal. Sehingga diharapkan UJB dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya berkemampuan tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi namun juga mampu merespons tantangan masa depan serta sanggup belajar secara berkelanjutan dan mandiri agar mempunyai kontribusi publik terhadap pemberdayaan masyarakat dan transformasi sosial masyarakat Indonesia. 

Segenap pimpinan Universitas Janabadra mengucapkan terima kasih atas segala atensi institusi/lembaga mitra dan kolega baik yang telah hadir dalam upacara pelantikan maupun berupa ucapan melalui karangan bunga.