Info Akademik

International Conference: Global Economy Dynamics

  • Admin
  • 22 Desember 2022
  • 198

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Janabadra Yogyakarta, Rabu (21/12/2022) menyelenggarakan International Conference dengan tema: "Global Economy Dynamics: opportunities and challenges" menghadirkan Keynote Speaker: Prof Dr Abdul Ghafar Ismail (Universiti Kebangsaan Malaysia) dan tiga pembicara utama yaitu 1. Prof Dr Amilin SE Ak MSi CA QIA BKP CRMP (Dean of FEB Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta), 2. Ir Cungki Kusdarjito MP PhD (Universitas Janabadra), dan 3. Saprudin Bastomi, SP (Landscape Project Manager SAIC Landscape, Qatar. Project Manager for Supreme Committe Trees Transplanting FIFA World Cup 2022 Precincts). Conference dipandu oleh moderator: Budi Setyanta SE MM.

Dalam sambutannya, Nurwiyanta SE MM selaku Dekan FEB-UJB menyampaikan international conference ini diikuti oleh tidak kurang daro 300 peserta yang terdiri 120 peserta hadir secara offline selebihnya mengikuti secara online termasuk salah satu pembicara utama dari Qatar a.n. Saprudin Bastomi SP. Kegiatan ini merupakan awal dari bentuk implementasi kerjasama antara Universitas Janabadra (UJB) dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Semoga dengan kerjasama ini dapat saling bergandengan tangan bersinergi antara UJB dan UKM memberikan manfaat untuk kedua belah pihak. Pada kesempatan ini, tidak lupa diucapkan terima kasih disampaikan kepada para pembicara yang lain yang telah berkenan hadir memberikan pemikiran dalam forum international conference ini.

Selanjutnya Prof Ir Nur Yuwono DiP HE PhD Rektor Universitas Janabadra dalam pembukaan acara conference ini menyampaikan bahwa saat ini keadaan ekonomi dunia tidak dalam keadaan baik-baik saja. Perang Rusia – Ukraina telah membawa dampak terjadinya krisis energi, adanya embargo pasokan minyak dan gas dari Rusia mengakibatkan sebagian negara-negara di dunia khususnya Eropa mengalami kesulitan energi. Pasokan gandum yang sebelumnya cukup besar dari Ukraina, saat ini juga terhambat akibat perang tersebut. Oleh karena ini negara-negara yang mendapatkan pasokan bahan pangan dari Ukranina, termasuk Indonesia juga mengalami gangguan. Kondisi tersebut diperparah lagi oleh pandemi Covid-19 yang sampai sekarang masih belum pulih kembali. Banyak peramal memperkirakan bahwa tahun 2023 nanti kondisi perekonomian dunia tidak dalam keadaan baik-baik saja, semua orang harus berjuang agar menjadi baik. Seminar ini mestinya tidak sekedar membahas tantangan dan permasalahan perekonomian dunia saja, namun juga membahas peluang-peluang apa yang bisa dikembangkan dengan harapan tahun 2023 nanti perekonomian tidak mengalami “penurunan” yang berkelanjutan. Melalui international conference ini diharapkan dapat memberikan jalan keluar (solusi) atas berbagai permasalahan dan tantangan sehingga perekonomian dapat cepat bangkit Kembali.

Materi pemaparan keynote speaker Prof Dr Abdul Ghafar Ismail dapat disimak sebagai berikut:

 

Sumber berita: Tresno S / Humas Kejasama KUI - UJB

Dibaca : 198