Info Akademik

Workshop Penjaringan Mitra Mbkm Persiapan Membangun Sistem Pembelajaran Terintegrasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (iss Mbkm)

  • Admin
  • 05 Desember 2022
  • 249

Senin 21 November 2022 Badan Sistem Informasi dan Komunikasi Dgital (BSIKD) Universitas Janabadra menyelenggarakan workshop Penjaringan Mitra MBKM sebagai persiapan membangun system pembelajaran yang terintegrasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (ISS-MBKM). Dalam sambutannya, rektor Universitas Janabadra Prof. Ir. Nur Yuwono., Dip.HE.DEA P.hD. mengajak pimpinan lembaga/institusi mitra untuk kerjasama dengan Universitas Janabadra dalam mendukung program MBKM. Pada kesempatan ini, Universitas Janabadra menawarkan Kerjasama, semoga segenap pimpinan lembaga/instansi yang hadir pada workshop tersebut dapat merespon rencana kerjasama ini dan ke depan dapat mewujudkan kerjasama yang saling menguntungkan kedua pihak.

Lebih lanjut WR1 Erna Sri Wibawanti, SH., M.Hum. menjelaskan program MBKM di Universitas Janabadra. Melalui program MBKM Perguruan Tinggi (PT) dalam hal ini Universitas Janabadra memfasilitasi hak mahasiswa untuk belajar baik di dalam kampus maupun di luar kampus. Di dalam kampus yang sama, mahasiswa dapat menempuh Pendidikan di luar Program Studi (PS) selama 1 semester setara 20 SKS, di luar PT itu bisa di PT lain atau institusi/lembaga lain dalam bentuk magang, penelitian, mengajar dan lain sebagainya. Bagi mahsiswa hal ini merupakan hak untuk memperoleh ilmu di luar PS sebesar 60 sks. PT wajib memfasilitasi. Ada 9 program MBKM mulai dari pertukaran mahasiswa, KKN tematik, kewirausahaan, magang, riset hingga bela negara. Universitas Janabadra sejak awal tahun 2021 sudah mulai dengan menyusun kurikulum menyesuaikan program MBKM, merespon program MBKM yang digulirkan pemerintah di akhir tahun 2020. Sejak tahun itu juka kami Universitas Janabadra selama 2 tahun berturut-turut memperoleh berbagai hibah implementasi MBKM a.l. hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) untuk beberapa PS dan ISS. Melalui program tersebut kami sudah mengirim mahasiswa untuk program pertukaran mahasiswa ke beberapa PT, mahasiswa magang ke beberapa industry dan lembaga/instansi baik swasta maupun pemerintah. Fakultas Teknik telah menjalin kerjasama kemitraan dengan beberapa perusahaan yang tergabung dalam INKINDO, Fakultas Ekonomi dan Bisnis telah menjalin Kerjasama dengan beberapa perusahaan pajak dan akuntan public, Fakultas Pertanian dengan beberapa perusahaan seperti Tani Organik Merapi, dan Fakultas Hukum telah mengirim mahasiswa magang di beberapa Lembaga/instansi pemerintah seperti PN, Kejaksaan, KPK, Polda dan lain-lain.

Secara detil, Ketua Tim Taskforce Dr. Nindyo Cahyo Kresnanto ST., MT menjelaskan rangkaian program hibah ISS-MBKM Universitas Janabadra Tahun 2022 sebagai berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=AKDDT1OqyTY

 

https://www.youtube.com/watch?v=1ZMYLgQsuKI

 

Sumber berita

Tresno S / Humas dan Kerjasama UJB

Dibaca : 249