Info Akademik

Kkn Tematik Melalui Circular Economy Menuju Bantul Zero Waste 2025

  • Admin
  • 28 September 2022
  • 294

Setelah hampir dua tahun berturut-turut pada masa Pandemi Covid-19 KKN Universitas Janabadra diselenggrakan secara online, kali ini Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023 LP3M-UJB selenggarakan KKN Tematik secara offline dengan mengangkat tema “Melalui Circular Economy Menuju Bantul Zero Waste 2025”. Untuk mengawali kegiatan KKN Tematik tersebut, Sabtu (24/09/2022), Lembaga Penelitian Publikasi dan pengabdian pada Masyarakat Universitas Janabadra (LP3M-UJB) melaksanakan pembekalan kepada para mahasiswa peserta KKN, dengan tujuan (1) Mendeskripsikan apa itu KKN Tematik; (2) Memberikan ilustrasi program-program KKN; (3) Mendekatkan diri dengan teman kelompok KKN; dan (4) memotivasi mahasiswa menjalani KKN. 

Kegiatan pembekalan diselenggarakan satu hari penuh mulai dari pukul 09.00 – 16:00 WIB bertempat di Auditorium KPH Poerwokoesoemo Kampus Pusat Jl. TR Mataram 55-57 Yogyakarta. Melalui pembekalan ini peserta KKN diberikan berbagai materi pembekalan yang meliputi: (1) Pemberian informasi umum (General info) tentang KKN Tematik oleh Ketua LP3M-UJB, Dr Erni Ummi Hasanah, SE MSi; (2) Pemberian informasi tentang lokus KKN yang berlokasi di Kapanewon Banguntapan kabupaten Bantul dan disampaikan oleh narasumber dari Bappeda Bantul Eni Kriswandari, SE MEc Dev.; (3) Teknologi pengolah sampah yang simpel dan mudah diterapkan oleh Dr Eng Mochammad Syamsiro, ST MT yang merupakan Pakar di bidang persampahan prodi Teknik Mesin UJB.; (4) Pembentukan dan pengelolaan Bank sampah oleh ibu Sri Rahayu, SE yang merupakan pegiat sampah kota Yogyakarta; (5) Sistem pelaporan KKN ke website LP3M disampaikan oleh Eri Haryanto, SKom MKom dari Prodi Teknik Informtika UJB; dan (6) Sistem penilaian KKN oleh Dr Untoro Budi Surono, ST MEng yang nerupakan Kabid Bidang Riset LP3M-UJB.

 

Peserta KKN Tematik Semester Ganjil T.A 2022/2023 sebanyak 450 (empat ratus lima puluh) mahasiswa yang berasal dari berbagai empat fakultas dilingkungan UJB yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB-UJB), Fakultas Hukum (FH-UJB), Fakultas Teknik (FT-UJB) dan Fakultas Pertanian (FP-UJB). Peserta KKN dibagi menjadi 46 kelompok yang masing-masing kelompok beranggotakan 9-10 orang mahasiswa. KKN Tematik ini melibatkan Dosen pembimbing Lapangan (DPL) berjumlah 10 dosen yang masing-masing akan mengawal sekitar 5 kelompok KKN. Lokasi KKN Tematik UJB Semester Ganjil ini, berada di Kapanewon Banguntapan yang disebar ke 6 (enam) kalurahan. Rangkaian acara pembekalan diselenggarakan dengan moderator Dr Drs Danang Sunyoto, SH SE MM Kabid Pengabdian pada Masyarakat LP3M-UJB.

 

Dibaca : 294