Info Akademik

Penyelesaian Hukum Bagi Perusahaan Yang Mengalami Kondisi Krisis (gagal Bayar) Melalui Kepailitan Dan Pkpu

  • Admin
  • 16 September 2022
  • 331

Senin, (12/092022) Fakultas Hukum Universitas Janabadra (FH-UJB) menyelenggarakan Pembukaan Kuliah Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023 dengan Tema “Penyelesaian Hukum Bagi Perusahaan Yang Mengalami Kondisi Krisis (Gagal Bayar) Melalui Kepailitan dan PKPU” oleh Dr Ivida Dewi Amrih Suci SH MH MKn (Dosen Tetap Program Magister FH-UJB) dengan Moderator Murti Ayu Hapsari SH MH (Dosen Tetap Program Studi Hukum FH-UJB) di Ruang Kuliah III.3 FH Jl. Timoho II No 40 Yogyakarta.

Mengawali kuliah umum, Prof Ir Nur Yuwono Dip HE PhD selaku Rektor Universitas Janabadra menyampaikan bahwa pada saat Pandemi Covid-19 banyak perusahaan yang bangkrut, karyawan yang tidak terbayar atau hanya terbayar sebagian, setelah itu biasanya timbul masalah hukum antara para pekerja dengan pemilik perusahan atau para rekan kerja dan perusahaan yang bersangkutan. Pada Pembukaan kuliah ini Ivanda Dewi Amrih Suci selaku pemateri akan membahas dan mengulas permasalahan terkait dengan kasus tersebut. Lebih lanjut, Nur Yuwono menyampaikan harapan dengan mengikuti kuliah mahasiswa akan tergugah dan tergerak untuk memahami permasalahan dan mengkaji usaha-usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut. Peserta kuliah diharapkan mampu menerapkan konsep yang solutif yang dibawakan oleh narasumber sehingga jalan keluar yang dipilih memberi manfaat bagi masyarakat. Dengan menggunakan pendekatan win-win solution masalah yang timbul diharapkan dapat terselesaikan dengan lancar.

Ivida Dewi Amrih Suci dalam kuliah ini menegaskan bahwa kepailitan jangan dijadikan sebagai ilmu kebangkrutan tetapi bagaimana kepaitan itu dapat menyelesaikan suatu kebangrutan atau suatu krisis dalam perusahan yang sudah mencapai pada proses gagal bayar. Terjadinya krisis pada sebuah perusahaan merupakan sebuah situasi yang kedatanganya tidak terduga. Faktor penyebab gagal bayar adalah pasiva lebih besar dari aktiva sehingga perusahaan sudah tidak bisa lagi mampu mengelola perusahanya secara sehat, dan berakibat pada tidak bisa membayar hutang-hutangnya, itulah kondisi krisis.

 

Sumber berita

Tresno S / Humas & Kerjasama UJB

 

Dibaca : 331